10:45 pm - Wednesday October 18, 2017

Yang Harus Anda Tahu Tentang Makanan Kemasan

Yang Harus Anda Tahu Tentang Makanan KemasanSetiap makanan kemasan yang baik pasti memiliki label yang memuat informasi kandungan didalamnya. Hal itu dapat Anda gunakan untuk mengetahui kandungan nutrisi yang mungkin Anda butuhkan. Label tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk memperkirakan seberapa banyak porsi yang sesuai dengan diet Anda atau menghindari alergi makanan tertentu. Yang tak kalah penting adalah memperhatikan tanggal kadaluarsa makanan dalam kemasan tersebut.

Ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dari label makanan kemasan. Jangan pernah menyepelekan apalagi mengabaikan label makanan kemasan. Hal ini akan sangat bepengaruh bagi diet Anda. Label makanan kemasan ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri bagi Anda.

Dari membacanya Anda akan tahu sampai kapan makanan tersebut aman dikonsumsi, serta apa saja dan berapa banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Informasi lain yang bisa Anda peroleh adalah tentang kandungan zat – zat kimia yang mungkin tidak akan aman bagi tubuh Anda. Dengan berbagai informasi yang menguntungkan Anda ini, maka jangan takut menghabiskan banyak waktu pada saat berbelanja untuk memilih makanan kemasan yang sesuai bagi diet Anda.

American Congress of Obstetricians and Gynecologists memiliki beberapa tips yang dapat Anda jadikan panduan dasar dalam memilih makanan kemasan. Perhatikan baik – baik label makanan kemasan yang akan Anda beli. Berikut ini adalah beberapa tips dalam membaca label informasi makanan dalam kemasan :

  • Perhatikan porsi sajian. Hal itu menunjukkan kepada Anda seberapa banyak porsi dalam kemasan tersebut bisa disajikan. 1 bungkus makanan kemasan bukan berarti 1 porsi atau untuk sekali dikonsumsi sendiri. Jika Anda sering membaca informasi nilai gizi yang tertera pada label makanan kemasan, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan keterangan “takaran per saji = 4 keping” atau “takaran per saji = 25 gram”. Jika Anda menemukan keterangan seperti ini, maka artinya 1 porsi yang ideal untuk sekali konsumsi per individu adalah 4 keping atau 25 gram, meskipun mungkin 1 bungkus berisi 12 keping atau 100 gram. Jadi Anda tidak harus menghabiskan 1 bungkus makanan kemasan dalam sekaligus. Periksa porsi sajiannya dan konsumsilah makanan tersebut sebatas takaran per sajian yang dianjurkan.
  • Setelah Anda mengetahui porsi yang sesuai untuk sekali konsumsi, selanjutnya perhatikan jumlah kalori. Teliti bagian mengenai kalori per saji, hal ini bisa membantu Anda memperkirakan seberapa banyak kalori yang Anda konsumsi pada setiap porsi penyajian.
  • Periksa jumlah total dari lemak. Lemak terdiri dari 2 macam, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Juka Anda memeriksa jumlah lemak total maka termasuk di dalamnya lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak sebetulnya bukanlah zat yang “jahat” bagi tubuh Anda. Tapi, kelebihan konsumsi lemak akan berdampak kurang baik bagi tubuh Anda. Lemak tersebut dapat meningkatkan resiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Oleh karena itu, hal ini menjadi sangat penting. Anda harus dapat mengontrol konsumsi lemak yang seimbang bagi tubuh Anda. Ingat! Tubuh Anda juga memerlukan lemak, tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, hal ini justru akan menjadi musuh dalam selimut bagi tubuh Anda.
  • Jika Anda memiliki alergi bahan makanan tertentu, label tersebut dapat membantu Anda menghindarinya. Ini merupakan sebuah keuntungan bagi Anda. Bayangkan jika Anda alergi terhadap kacang – kacangan, kemudian Anda membeli sebungkus biskuit yang mengandung kacang. Tanpa membaca label pada kemasannya, lalu Anda melahap habis setiap kepingnya. Tentu Anda akan merasakan dampak yang sangat tidak bersahabat bagi tubuh Anda. Terkadang suatu produk mungkin tidak dibuat dengan menggunakan bahan makanan yang Anda alergi terhadapnya. Tapi, bisa jadi produk tersebut diproses dengan mesin yang sama yang digunakan untuk memproduksi produk lain yang mengandung bahan makanan yang dapat menimbulkan alergi Anda kambuh. Karena itulah Anda harus memperhatikan labelnya baik – baik. Biasanya pada suatu produk akan dituliskan “Diproduksi dengan mesin yang juga memproduksi produk yang mengandung susu dan kacang – kacangan”. Dengan memperhatikan label ini, tentu Anda tidak perlu membayar dokter untuk menyembuhkan alergi Anda hanya karena memakan sebuah makanan kemasan tertentu.
  • Pastikan juga label tersebut memuat informasi spesifik mengenai zat apa saja yang terkandung dalam makanan kemasan tersebut. Ingat! Hal ini sangat penting dalam program diet yang sedang Anda jalankan. Karena dalam diet, Anda seringkali dituntut untuk mengurangi konsumsi zat – zat tertentu. Ingat juga poin diatas, jika Anda memiliki alergi terhadap zat makanan tertentu, maka mau tidak mau Anda harus tahu secara pasti zat – zat makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda.
  • Periksa informasi nilai persentase makanan perhari. Ini dapat memberitahu Anda seberapa banyak jumlah yang direkomendasikan dari setiap zat gizi yang terkandung dalam produk makanan kemasan tersebut. Anda harus selalu mendapatkan nutrisi harian yang cukup. Cukup berarti tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Karena itulah, perhatikan dan hitung dengan seksama nilai persentase makanan per hari yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian Anda.

Mulai sekarang Anda harus mulai menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja makanan kemasan. Luangkan waktu Anda, jangan terburu – buru dalam berbelanja. Karena Anda harus mulai cermat dalam memilih makanan kemasan yang “aman” bagi tubuh Anda.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply