Tips Mengurangi Nafsu Makan Dalam Menjalankan Program Diet

 

Mengurangi Nafsu Makan

Mengurangi Nafsu Makan

Berlebih berat badan atau obesitas adalah masalah yang selama ini menjadi ketakutan bagi sebagian banyak orang. Bukan tanpa alasan memang, mengingat obesitas ini adalah salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit yang umumnya adalah penyakit dengan resiko mematikan seperti tekanan darah tinggi, penyakit strok, jantung, gagal jantung ataupun gangguan lemak darah.

Dengan demikian, maka sangat diperlukan tindakan dalam menurunkan berat badan, salah satunya dengan cara menjalankan program diet. Namun sebagian orang merasa malas dalam menjalankan berdiet ini karena alasan yang tidak dapat menahan rasa lapar terhadap dirinya sendiri.

Rasa lapar merupakan musuh utama bagi setiap orang yang sedang menjalankan diet, maka dari itu diperlukan tindakan-tindakan khusus untuk meredam rasa lapar tersebut.

Salah satu tindakan yang dapat ditempuh adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, dengan banyaknya asupan protein yang masuk dalam tubuh, maka akan mendorong hormon anoreksigenik didalam saluran cerna dan otomatis akan menekan tumbuhnya hormone roksigenik secara otomatis.

Hal inilah yang menyebabkan nafsu makan menjadi berkurang karena pengaruh dari hormon anoreksigenik itu sendiri.

Meskipun demikian, terlalu banyaknya asupan protein dalam tubuh juga sangatlah beresiko. Kita tetaplah harus membatasi protein dalam tubuh tersebut agar tidak terlalu menumpuk sehingga kebutuhan nutrisipun akan tetap terjaga. Asupan protein idealnya adalah 2 atau 3 ons saja perhari atau sekitar 15 hingga 20 persen dari jumlah kalori keseluruhan. Untuk mengatasi rasa lapar yang selalu mengganggu dalam menjalankan diet, dapat kita atasi dengan mengkonsumsi ikan sebagai salah satu menu utama dalam pola makan kita.

Selain itu susu dan putih telur juga dapat kita dimanfaatkan sebagai salah satu makanan yang dapat meminimalisir rasa lapar yang berlebih.

Diet dengan mengkonsumsi banyak protein akan lebih maksimal jika digabungkan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayur-sayuran dan buah dalam pola makan kita sehari-hari.

Dengan demikian, menjalankan program dietpun akan terasa lebih ringan dan kita tidak perlu lagi takut dengan rasa lapar berlebih karena kebutuhan harian akan protein telah terpenuhi.

 

You may also like...