10:46 pm - Wednesday October 18, 2017

Tips Mendisiplinkan Program Diet

Tidak sedikit orang yang mengeluh betapa susahnya melakukan diet. Ada banyak cobaan yang harus dihadapi ketika sedang menjalani diet. Salah  satunya yang tidak gampang dihilangkan adalah kebiasaan ngemil yang terlanjur menjadi semacam kebiasaan. Padahal kalau seseorang ingin sukses program dietnya dia harus mempunyai disiplin dan komitmen yang kuat dalam melakoni diet.  Bukan suatu hal yang sulit dan menyiksa sebenarnya jika Anda berusaha mendisiplinkannya. Menaruh buah- buahan dan sayuran yang banyak di dalam kulkas untuk dilihat saja tanpa ada kewajiban menghabiskannya merupakan salah satu cara unik untuk mengajari disiplin dalam diri kita terhadap makanan.

Tips Mendisiplinkan Program Diet

Sebuah penelitian tentang makanan mengungkapkan meski hanya melihat dan mencium aroma sebuah makanan yang sehat dan bergizi telah mampu membantu pediet untuk merasa optimis kalau mereka bisa menurunkan berat badannya melalui program diet yang dijalaninya. Dalam penelitian tersebut partisipan di perintahkan untuk menghirup aroma jeruk yang masih segar. Dan hasilnya, 50 persen partisipan yang mengikuti eksperimen tersebut mampu mengurangi kebiasaannya ngemil coklat. Dan dengan hanya mencium aroma dari buah- buahan serta sayuran mampu menurunkan porsi makanan dalam jumlah banyak. Ini tidak mengingatkan mereka kalau sedang menjalani diet sebab buah dan sayuran identik dengan menu makanan diet sehingga mampu mengontrol pikiran seseorang terhadap makanan.

Ketika seorang pediet mulai merasakan lapar atau hanya sekedar ingin menyantap makanan ringan, maka yang harus dilakukan adalah menunda keinginannya itu untuk beberapa saat jangan langsung menyantapnya. Cobalah kendalikan sensor otak Anda terlebih dahulu caranya dengan mencium aroma makanan sehat atau cukup melihat gambarnya saja. Dengan begitu otomatis pada saat Anda makan akan teringat kalau sedang melakukan program diet. Biasakan menyimpan dan memenuhi kulkas Anda dengan sayuran dan buah- buahan.

Penelitian tersebut juga mengatakan efek mencium dan melihat makanan sehat sayur dan buah pada saat merasakan perut lapar mampu lebih meningkatkan rasa disiplin dalam menjalani program diet. Ini terbukti ketika partisipan mulai lapar diterapkan cara demikian. Kemudian beberapa saat selanjutnya partisipan baru diberi menu makan siang. Setelah partisipan menyantap menu makanannya, 2 jam kemudian partisipan disuguhin makanan ringan. Ternyata partisipan tidak merasa tertarik untuk menyentuh makanan ringan tersebut. Kesimpulannya, melihat atau mencium aroma makanan diet yang sehat mampu mengurangi godaan terhadap rasa lapar dan kebiasaan ngemil. Cara ini bisa dicoba sendiri dirumah. Selain itu untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam menjalankan disiplin diet ada baiknya jika mempunyai catatan berapa penurunan berat badan yang diinginkan per minggunya. Selain itu biasakanlah menimbang berat badan Anda tiap minggu. Bukan harian loh. Sebab jika menimbang berat badan secara harian Anda akan cenderung tertipu fluktuasi harian.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply