10:43 pm - Wednesday October 18, 2017

Teknologi Ramah Lingkungan Untuk Masa Depan

Teknologi ramah lingkungan berguna menyelamtkan bumi kita tercinta dengan cara menggunakan teknologi baru dan mengoptimalkan penggunanan SDA.

Generasi muda atau generasi yang sekarang ini harus sadar bahwa menjaga bumi yang sehat sangatlah penting kehidupan sekaran maupun masa depan. Mereka diharapkan dapat menciptakan  teknologi ramah lingkungan terbaru sehingga akan banyak ide yang akan digunakan nantinya.

Banyak sekali teknologi ramah lingkungan sederhana yang sudah diujicobakan dan hasilnya pun sangat memberikan kotribusi yang positif terhadap lingkungan sekitar kita, bumi kita tercinta. Bentuk dari ide-ide ranah lingkungan yang bisa dilakukan misalnya menggunaka biofuel, tenaga angin, sumber data matahari, atau panas bumi menghasilkan teknologi listrik.

Teknologi ramah lingkungan: Meningkatkan Sistem Panas Bumi

Geothermal system atau sistem panas bumi harus ditingkat untuk mengasilkan sumber listrik. Potasium, uranium dan unsur-unsur radioaktif lain dapat menghasilkan panas alami. Sebenarnya dulu di jagad raya pun sedang terjadi reaksi nuklir dalam reaksi ini panas samoai jutaan dreahar celcius dapat dihasilkan. Pada saat terbentuknya, bumi pun juga menhasilkan panas yang sama dahsyatnya.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, panas bumi pun semakain menurun. Rekasi nuklir yang terjadi dulu sudah tidak bisa dirasakan di permukaan bumi namun hanya di initi bumi saja. Sumber panas bumi saat ini adalah di kedalaman hinggal 30.000 kaki dan bila dibandingkan dengan cadangan gas alam dan minyak bumi, panas yang tersimpan di dalam bumi jauh lebih besar jumlahnya.

Untuk itulah dengan menggunakan teknologi tertentu, panasa dari dalam bumi ini kembali dikeluarkan untuk kemudian diolah menjadi teknologi ramah lingkungan.

Ada banyak projek yang telah dilakukan untuk menghasilkan teknologi ramah lingkungan dengan cara meningkatkan panas bumi. Bahkan sudah ada beberapa projek yang berhasil, salah satunya adalah projek yang dilakukan di Cooper Basin.

Peningkatan sistem panas bumi ini dilakukan dengan melakukan pengeboran sejauh empat kilomater di mana panas bumi di kedalaman itu mencapai 250 derajat celcius. Suhu ini ternyata sukses menghasilkan energi listrik selama seharian penuh. Selain ramah lingkungan ternyata sistem yang juga lebih dikenal sebagai sistem EGS (Enhances Geothermal System) ini pun jauh lebih ekonomis dibandingkan menggunakan batubara.

Teknologi ramah lingkungan: Nanosolar dan Nuklir

Salah satu teknologi ramah lingkungan terbaik adalah energi listrik tenaga matahari atau lebih dikenal dengan nama nanosolar. Energi ini dapat menghasilkan energi listrik secara insentif namun biaya operasional dan produksinya masih cukup tinggi. Namun demikian sekarang sedang diusahakan biaya operasional yang lebih efektif oleh perusahaan Manosolar di San Jose.

Alternative yang lain yang telah banyak dilakukan oleh negara-negara maju di dunia adalah PLTN atau pembangkit listrik tenaga nuklir. PLTN merupakan teknologi ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara.

Filed in: Teknologi

No comments yet.

Leave a Reply