11:35 pm - Sunday October 22, 2017

Serba Serbi FIFA World Cup Brazil 2014

Serba Serbi FIFA World Cup Brazil 2014

FIFA World Cup 2014 atau Piala Dunia 2014 sudah digelar di Brazil. Euforia para pecinta sepak bola begitu terasa di seluruh penjuru dunia. Piala Dunia 2014 yang tengah berlangsung di Brazil ini punya banyak cerita, mulai dari kontroversi yang mewarnainya serta berbagai ramalan pemenang Piala Dunia 2014.

  • Kontroversi Undian Tim

Pengundian tim oleh FIFA menuai banyak kontroversi. Pasalnya, Swiss menjadi salah satu dari 7 tim unggulan. Sedangkan Belanda dan Italia yang merupakan dua tim raksasa Eropa justru tidak masuk dalam daftar tim unggulan. Bahkan Brazil sebagai tuan rumah pun tidak masuk ke dalam 7 tim unggulan.

FIFA menggunakan sistem penilaian berdasarkan catatan pertandingan negara. Cara ini telah menuai banyak kritik sejak tahun 1992.

  • Upacara Pembukaan Tanpa Pidato Seremonial

Ada yang tidak biasa pada upacara pembukaan Piala Dunia 2014 yang lalu. Dalam acara tersebut tidak ada pidato seremonial baik dari Presiden FIFA, Sepp Blatter maupun Presiden Brazil, Dilma Rousseff.

Tak hanya itu, aksi protes juga turut mewarnai penyelenggaraan Piala Dunia di negara asal tari samba ini. Dana besar yang digunakan demi terselenggaranya pertandingan sepak bola terbesar di dunia ini melukai sebagian besar perasaan rakyat Brazil. Pasalnya, masih banyak hal yang perlu dibenahi di negara ini, contohnya pendidikan dan kesehatan. Besarnya dana ini juga disinyalir banyak dikorupsi.

  • Penggunaan Vanishing Spray

Piala dunia Brazil 2104 ini akan tercatat dalam sejarah sebagai piala dunia pertama yang menggunakan vanishing spray. Penggunaan vanishing spray untuk pertama kalinya ini pun tak luput dari pro kontra.

Vanishing Spray merupakan semprotan yang sebagian besar diisi air dan akan langsung menghilang dalam beberapa detik setelah digunakan untuk menandai garis pagar betis serta tempat dimana seorang pemain mengeksekusi tendangan bebas.

Penggunaan vanishing spray ini cukup memuaskan Sepp Blatter. Namun begitu, ada juga pihak yang tidak senang dengan kegunaan vanishing spray. Salah satunya adalah penjaga gawang tim nasional Jerman, Manuel Neuer yang menilai penggunaan vanishing spray justru memperlambat jalannya pertandingan.

  • Ramalan Pemenang Piala Dunia 2014

Sebagaimana piala dunia yang sebelum – sebelumnya, piala dunia 2014 yang berlangsung di Brazil ini pun memunculkan banyak “peramal”. Ramalan pemenang piala dunia ini tak hanya diramalkan oleh manusia tapi juga oleh berbagai binatang, dari gajah, penyu, hingga unta. Ramalan siapakah yang paling jitu? Kita lihat saja di final Piala Dunia Brazil 2014.

Filed in: Olah Raga

No comments yet.

Leave a Reply