6:28 pm - Saturday October 21, 2017

Samsung Menangkan Gugatan Hak Paten di Jepang

Samsung

Samsung

Perseteruan antara Apple dan Samsung akhir-akhir ini santer diberitakan. Baik di media Online maupun di media massa. Hal ini dikarenakan pihak Apple yang menggugat Samsung atas pelanggaran hak paten. Apple menilai Samsung telah melakukan pelanggaran hak paten pengiriman data. Diantaranya sinkronisasi musik dan video.

Samsung mengalami kekalahan dalam ‘perang’ hak paten yang terjadi antara dua rival tersebut. Beberapa pengadilan negara besar di dunia memenangkan Apple dalam perang hak paten tersebut. Diantaranya, kemenangan Apple di Amerika. Atas kemenangan ini, Samsung diwajibkan untuk membayar 900 juta Dolar Amerika atau sekitar 9 triliun rupiah.

Sedangkan di beberapa negara Asia seperti Korea Selatan, gugatan Apple terhadap Samsung tidak memenangkan Apple. Kedua perusahaan tersebut terbukti sama-sama melakukan pelanggaran hak paten. Di Korea Selatan sendiri, Samsung harus membayar 25 Juta won atau sekitar 210 juta rupiah. Sedangkan Apple diwajibkan membayar denda 2- juta won atau sekitar 167 juta rupiah. Hal ini tentu masih menguntungkan Apple.

Jika gugatan hak paten di beberapa negara dimenangkan oleh Apple, hal lain terjadi di negara Tirai Bambu. Jepang, gugatan Apple atas pelanggaran hak paten yang dilakukan oleh Samsung sama sekali tidak menguntungkan perusahaan ini. Pasalnya, gugatan itu akhirnya dimenangkan oleh Samsung. Pengadilan Tokyo, Jepang yang dipimpin oleh TamothuSoji mengatakan bahwa Samsung Galaxy dan tablet GalaxyTab tidak melanggar hak paten Apple.

Akibat dari kekalahan Apple tersebut, perusahaan ini diwajibkan membayar uang sebesar 100 juta yen atau sekitar 12,1 miliar rupiah.

Filed in: Teknologi

No comments yet.

Leave a Reply