6:24 pm - Saturday October 21, 2017

Sambut Pemilu 2014, Berbagai Jenis Kampanye Mulai Marak

Pemilu 2014 sebentar lagi akan dilaksanakan. Tahun ini, pemilu akan dilaksanakan 2 kali, yaitu pemilu legislatif pada tanggal 9 April, disusul dengan pemilihan presiden dan calon presiden 3 bulan setelahnya, tepatnya pada tanggal 9 Juli 2014.

Rencananya, pemilu kali ini akan dilaksanakan dengan sistem e-voting yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk pilpres. E-voting adalah sistem pemungutan suara yang memanfaatkan teknologi modern. Persiapan penggunaan e-voting sendiri sudah dimulai sejak tahun 2012, dimana penduduk wajib menggunakan E-KTP yang berlaku secara nasional. Di Indonesia sendiri, sistem e-voting sebetulnya sudah pernah digunakan dalam skala kecil dan terbatas.

Para politikus yang ingin mencalonkan diri sebagai Presiden RI 2014 – 2019 sudah mulai berlaga dalam aksi kampanye. Baik dengan cara positif, maupun cara yang tidak sehat. Spanduk, baliho, sticker, dan berbagai media kampanye cetak pun sudah bertebaran dimana – mana.

Kampanye terselubung melalui media radio, televisi serta media online pun sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Para calon presiden berlomba – lomba mengambil hati sebanyak mungkin masyarakat. Bencana alam yang belakangan sering terjadi pun, tak terhindarkan menjadi ajang kampanye terselubung. Para capres beserta tim suksesnya antusias menggelontorkan bantuan sebanyak mungkin dan dengan disertai embel – embel lambang partai maupun foto capresnya.

Lain lagi dengan capres yang memiliki stasiun televisi, hampir di setiap sisipan iklan komersial, muncul pula iklan politik. Ada yang terkesan cukup blak – blakan, namun ada pula yang mengemas kampanye politiknya secara lebih soft dan kreatif. Tak ketinggalan pula trik kampanye melalui acara televisi berupa kuis dan acara – acara informatif.

Namun semua upaya itu tentunya akan sia – sia tanpa dukungan masyarakat Indonesia.

pemilu pilpres 2014

Filed in: Politik

No comments yet.

Leave a Reply