3:08 pm - Monday October 18, 7058

Pendidikan Usia Dini Bagi Anak

Saat ini pendidikan usia dini sedang marak diterapkan di Indonesia.  Namun demikian masih banyak masyarakat Indoesia yang belum begitu memahami tentang pentingnya pendidikan di usia dini ini bagi anak-anak mereka.

Pemerintah sendiri sudah membuka banyak PAUD di setiap kalurahan. Bahkan di beberapa daerah ada lebih dari 1 PAUD di setiap kelurahan. Namun faktanya, masyarakat masih berfikir konvensional.

Mereka terlanjur berpikir bahwa pemerintah hanya mencanangkan pendidikan dasar 9 tahun di mana pendidikan wajib dimulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun pada kenyatannya banyak anak yang mulai bersekolah di SD namun malah tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Hal ini karena anak belum dipersiapkan secara matang. Untuk itulah kenapa pemerintah mencanangkan pendidikan usia dini PAUD.

Manfaat Pendidikan Usia Dini

paud

paud

Tujuan utama pendidikan usia dini adalah menunjang perkembangan anak agar tumbuh secara optimal untuk mempersiapkan pendidikan dasar.  Hal yang dipersiapkan di sini terutama adalah pendidikan usia dini.

Dengan kata lain program ini adalah suatu program yang memfokuskan pada kecerdasan (daya cipta, kecerdasan spiritual, daya pikirm dan kecerdasan emosi), perkembangan fisik dan pertumbuhan (koordinasi motorik kasar dan halus), komunikasi dan bahasa, dan sosio emosional (perilaku, sikap, dan agama) yang sesuai dengan setiap anak karena tidak setiapo anal memiliki tahap-tahap perkembangan yang sama.

Pendidikan usia dini menurut para ahli, adalah tempat yang sangat sesuai bagi anak-anak untuk bersosialisasi, membentuk dan mengembangkan ide, beradaptasi, membentuk rasa ingin tahu, membentuk rasa percaya diri and semangat untuk belajar.

Anak yang tidak mengikuti pendidikan usia dini, akan menerima sesuatu dengan lamban termasuk dalam menerima pelajaran di sekolah. Sangat jelas bahwa penyelanggaraan pendidikan ini menjadi perhatian yang besar bagi pemerintah Indonesia sehingga pendidikan di usia dini dapat dijalankan tanpa memungut biaya sepeser pun.

Macam-Macam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan usia dini atau PAUD terdiri dari beberapa macam lembaga. Lembaga yang paling dikenal oleh masyarakat luas adalah Taman Kanak-Kanak dan Raudatul Atfal. Lembaga ini adalah adalah lembaga pendidikan formal yang ditujukan bagi anak usia 4 sampai 6 tahun. Program ini dibagi menjadi 2 level; TK A dan TK B. Untuk jalur pendidikan non formal, ada lembaga yang bernama Kelompok Bermain. Biasanya orang tua memasukan anak-anak mereka yang masih berusian 2-4 tahun sebelum mereka menempuh pendidikan formal di TK.

Karena banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaan mereka, ada pula Taman Penitipan anak di mana orang tua dapat menitipkan anaknya selama mereka bekerja. Bahkan anak yang baru lahir bisa langsung dititipkan di tempat ini. Baik TK, Taman Bermain ataupun TPA, pilihlah pendidikan usia dini yang sesuai untyuk anak Anda.

Filed in: Pendidikan

No comments yet.

Leave a Reply