6:31 pm - Saturday October 21, 2017

Pecandu Narkoba, Ditahan atau Direhabilitasi?

Lagi, public figure tertangkap tangan tengah menggunakan narkoba. Kali ini, Roger Danuarta, aktor yang telah sekian lama menghilang dari layar kaca, kini kembali menjadi sorotan publik. Sayangnya, bukan karena prestasi, melainkan karena ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri di dalam mobil pribadinya, dengan jarum suntik yang masih tertancap di lengannya.

roger

Narkoba telah sekian lama menjadi musuh bangsa ini. Pasalnya, narkoba tak hanya merusak generasi muda penerus bangsa, tapi juga sering disalahgunakan oleh generasi yang lebih dewasa. Para orang dewasa yang seharusnya mampu memberikan contoh positif bagi generasi yang lebih muda, justru terjerumus dalam kenikmatan sesaat narkoba.

Kondisi ini semakin diperparah dengan tertangkapnya para public figure pengguna narkoba. Mereka yang menjadi panutan para penggemarnya, justru terperangkap dalam jeratan narkoba. Sebut saja, aktris cantik Sheila Marcia, aktor senior Roy Marten, pelawak kenamaan Polo & Doyok serta sederet nama aktris lain yang pernah terbukti sebagai pecandu narkoba.

Kini, yang menjadi polemik adalah ; apakah para pecandu narkoba sebaiknya dihukum penjara atau direhabilitasi. Sebagian besar pecandu narkoba yang tertangkap lebih memilih rehabilitasi sebagai jalan keluar bagi pemulihan kecanduan mereka. Namun begitu, masih banyak pecandu narkoba yang pada akhirnya terjerat hukuman kurungan penjara.

Menghadapi permasalahan narkoba yang cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun, Pemerintah dan DPR-RI mengesahkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997 tentang Narkotika. Berdasarkan kedua Undang-undang tersebut, Pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 116 Tahun 1999, membentuk Badan Koordinasi Narkotika Nasional (BKNN). Pada tahun 2002, BKNN bertransformasi menjadi Badan Narkotika Nasional (BNN) yang kita kenal hingga saat ini.

Jika mengacu pada undang-undang penyalahgunaan narkotika yang ada, pecandu narkoba saat ini masih terancam hukuman pidana. Sedangkan sesungguhnya para pecandu narkoba sebetulnya  lebih membutuhkan rehabilitasi untuk membebaskan mereka dari perangkap narkoba.

 

 

Filed in: Hukum, Nasional

No comments yet.

Leave a Reply