11:41 pm - Sunday October 22, 2017

Olahraga Renang Bagi Kesehatan

Olahraga renang ternyata sangat besar manfaatnya bagi seseorang. Sebagai non weight barring atau olahraga tanpa menggunakan gaya gravitasi bumi, berenang adalah olahraga yang mudah dan mempunyai resiko cedera yang lebih kecil dibandingkan olahraga yang lainnya.

Biasanya mereka yang mempunyai permasalahan dengan berat badan memilih olahraga air sebagai olahraga rutin mereka misalnya ibu hamil, penderita obesitas dan orang yang mengalami masalah pada tulang.

Dengan banyaknya variasi gaya yang bisa dilakukan, seperti olahraga renang gaya bebas atau olahraga renang gaya kupu-kupu, orang dapat memilih mana  yang paling sesuai dengan kebutuhan kereka dan mana yang paling membuat nyaman.

Bahjan tak jarang orang sekedar masuk ke dalam air tanpa suatu gaya sedikitpun. Berikut adalah mafaat yang bisa didapat dari pekerjaan ini bila dilakukan secara rutin.

Manfaat Olahraga Renang

Salah satu manfaat yang seringkali terada adalah otot kita berkembang secara merata. Hal ini karena olahraga renang membuat hampir semua bagian tubuh bergerak mulai dari kepala sampai ujung kaki. Hasilnya otot kita akan menjadi lebah kuat. Selain itu olahraga ini membuat paru-paru dan jantung sehat karena bekerja setiap saat.

Jika kedua organ penting bekerja dengan baik, maka pembuluh darah dapat memompa banyak darah di semua elment. Kebanyakan orang juga melakukan pekerjaan ini karena mereka inging menambah tinggi badan. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena pada saat berenang, otot-otot berenang meregang.

Bagi orang yang menderita asma, olahraga renang sepertinya akan menjadi sebuah pilihan yang bagus karena renang membuat pernafasan kita menjadi lebih lancar, panjanhm dan sehat.

Seperti telah dijelaskan di atas, orang-orang berenang karna mereka ingin mengurangi berat badan. Hal ini mungkin untuk dilakukan karena pada saat renang, banyak kalori yang berenang. Olahraga renang sangat popular dan bisa dilakukan oleh segala macam usia karena olagraga ini sangatlah aman. Manfaat lain dari olahraga ini adalah membuat raga dan jiwa rileks sehingga terhindar dari stress.

Mengenai berapa lama olahraga ini harus dilakukan, hal ini tergantung oleh orang yang melakukan. Namun untuk mencapai semua maksimal, jangan lupa untuk berolahraga paling murah wae.

Tips Melakukan Olahraga Renang

Sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga renang agar  tidak terjadi kram otot. Pemanasan ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan detak jatuh dan suhu tubuh secara bertahap. Tidak hanya pemanasan, pendinginan pun sangat diperlukan setelah selesai berenang. Pemanasan membutuhkan gerakan-gerakan ringan misalnya menggerakan kaki dan tangan atau berjalan berkeliling kola selama 15 menit.

Berenanglah tanpa henti selama 20-40 menit. Agar semua otor terlatih, berbain bermacam-macam gaya sangat dianjurkan. Namun bagi mereka yang bermasalah dengan kesehatan tulang, olahraga renang justru haru dihindari.

Filed in: Olah Raga

No comments yet.

Leave a Reply