11:38 pm - Sunday October 22, 2017

Novel Trilogi Soekram, Karya Terbaru Sapardi Djoko Damono

 

Pujangga kelas atas Indonesia, Sapardi Djoko Damono kembali menelurkan karyanya. Kali ini Sapardi Djoko Damono atau biasa disingkat SDD, menggabungkan kembali 3 karya lamanya. Novel yang diberi judul “Trilogi Soekram” ini merupakan gabungan dari 3 buku sebelumnya yaitu “Pengarang Telah Mati”, “Pengarang Belum Mati” dan “Pengarang Tak Pernah Mati”.

Buku terbaru ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Berikut adalah sinopsis dari buku setebal 274 halaman ini :

Saudara, saya Soekram, tokoh sebuah cerita yang ditulis oleh seorang pengarang. Ia seenaknya saja memberi saya nama Soekram, yang konon berasal dari bahasa asing yang artinya— ah, saya lupa. Tapi sudahlah. Apa pun nama saya, saya harus menerimanya, bukan? Pengarang itu sudah payah sekali kesehatannya,  kalau tiba-tiba ia mati, dan cerita tentang saya belum selesai, bagaimana nasib saya—yang menjadi tokoh utama ceritanya?  Saya tidak bisa ditinggalkannya begitu saja, bukan? Saya mohon Saudara berbuat sesuatu.

Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono berkisah tentang tokoh Soekram yang tiba-tiba loncat keluar dari cerita dan menggugat sang pengarang.  Mengapa ia tak selesai ditulis. Mengapa ia tak bisa menentukan jalan ceritanya sendiri. Mengapa ia tak bisa menjadi pengarang. Mengapa kisah cintanya disusun dengan rumit. Antara Soekram dan Ida, Soekram dan Rosa, Soekram dan istrinya (tentu saja).

Sejumlah pertanyaan itu membungkus kisah Soekram yang mengambil latar di kampus, rumah tangga, dan peristiwa huru-hara Mei 98.  Novel karya penyair besar Indonesia ini menunjukkan hubungan paling kompleks sekaligus paling sejati antara pengarang dan tokoh di dalam tulisannya.

Bagi Anda pecinta karya – karya Sapardi Djoko Damono tentunya akan sangat menyesal jika melewatkan novel “Trilogi Soekram” yang sudah bisa didapatkan di toko – toko buku seluruh Indonesia. Anda juga bisa mendapatkannya lewat beberapa toko buku online.

Filed in: Seni dan Budaya

No comments yet.

Leave a Reply