11:40 pm - Sunday October 22, 2017

Menu Diet Golongan Darah

Pernah mendengar istilah diet golongan darah? Bagi seorang pelaku diet tentu tidak asing dengan istilah ini. diet ini memprioritaskan menu yang harus disantap berdasarkan golongan darah seseorang. Diet dengan metode seperti ini dinilai ampuh dan berhasil.

diet golongan darah

Menu diet golongan darah dibedakan menjadi 4 macam berdasarkan golongan darah A, B, AB dan O. Sebab menurut seorang dokter naturopati, Peter D’Amo mengatakan setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda terhadap zat lektin. Zat lektin merupakan sebuah zat yang terdapat pada makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Dan berikut menu- menunya:

1. Golongan darah A

Untuk tipe golongan ini sebaiknya memakai asupan menu makanan yang rendah lemak namun mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat sehingga perut tidak mudah lapar. Jenis makanan yang bisa dikonsumsinya antara lain: tahu, tepung beras, jamur ikan mas, tempe, wortel, bayam, buncis, brokoli, dan kacang tanah. Sedangkan aneka telur aman dikonsumsi oleh pemilik golongan darah ini. untuk pengganti nasinya bisa memakai kurma, kacang kapri, roti gandum dan wijen. Sedangkan lauk yang harus dijauhi adalah udang, lobster, daging sapi dan daging lainnya yang mempunyai kandungan lemak tinggi. Untuk buah disarankan mengkonsumsi buah labu, strawbery, pear, anggur, mentimun dan jambu biji. Pepaya dan pisang raja sebaiknya dihindari.

 2. Golongan darah B

Diet untuk golongan darah B menunya antara lain, kue dari beras,bubur gandum, keju, ubi, susu sapi segar yang sudah diolah, brokoli, kol, wortel, terong, teh hijau, ikan laut, daging kelinci, rusa dan kambing. Sedangkan makanan yang netral yaitu,melon, bayam, buncis, labu, hati ayam, telur ayam, mangga, melon, pear, kurma, dan ikan tuna. Makanan yang tidak disarankan antara lain, roti gandum, jagung, tomat, belimbing, minuman bersoda, minuman beralkohol dan santan kelapa.

3. Golongan darah AB

Makanan yang disarankan untuk golongan darah AB adalah susu kambing, sardens, putih telur, buah anggur merah, daging domba, kelinci, kalkun dan teh hijau. Untuk makanan yang bersifat netral diperbolehkan makanan roti yang terbuat dari tepung beras, bayam, kacang merah, sawi, jeruk, melon,mangga, ikan tuna. Sedangkan yang harus dijauhi adalah telur bebek, semua jenis daging termasuk daging ayam, es krim, pisang, saus tomat, delima, kopi hitam, minuman bersoda dan alkohol.

4. Golongan darah O

Hendaknya mengurangi makanan yang sifatnya kaya akan karbohidrat dan protein. Untuk makanan yang disarankan adalah, ceri, ganggang laut, rumput laut,daun selada, daging hewani, bawang dan kacang polong. Makanan bersifat netral yang bisa dikonsumsi adalah udang, lobster, tuna, tahu, mentega, kacang- kacangan, tempe, susu kedelai, dan bubur gandum. Makanan yang wajib dijauhi adalah cumi, kerang, puyuh, minyak kelapa, es krim dan minuman mengandung soda dan alkohol.

Menu diet golongan darah sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter gizi sehingga bisa di dapat hasil yang maksimal dan aman bagi tubuh Anda.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply