11:33 pm - Sunday October 22, 2017

Melihat Api Bekerja, Perpaduan Keindahan Puisi Dengan Ilustrasi

Aan Mansyur kembali menyapa pecinta puisi dengan buku terbarunya yang diberi judul “Melihat Api Bekerja”. Judul buku ini diambil dari judul salah satu puisi di dalam buku tersebut.

Melihat Api Bekerja tak hanya akan memanjakan Anda dengan rangkaian puisi yang indah dan romantis. Namun juga akan membuat mata Anda terpana oleh berbagai goresan kuas dari Muhammad Taufiq atau yang lebih dikenal dengan nama Emte.

Aan Mansyur menggandeng Emte untuk membuat ilustrasi atas karya – karya puisinya. Hasilnya, puisi dan ilustrasi tampak menyatu dan menciptakan keindahan sempurna. Aan Mansyur dengan gaya puisinya yang begitu khas, dan Emte dengan ilustrasinya yang unik menghasilkan sebuah buku yang sarat akan romantisme dan keindahan.

Kata pengantar buku ini ditulis oleh pujangga kenamaan Indonesia, Sapardi Djoko Damono. Dalam tulisannya, Sapardi Djoko Damono memuji gaya puisi Aan Mansyur yang terasa seperti “mengajak bicara” pembacanya. Aan Mansyur seolah tengah bercerita tentang apa saja yang muncul di benaknya. Melompat – lompat tapi tetap tak kehilangan alurnya.

Menurut Sapardi Djoko Damono, Aan adalah salah seorang dari dua atau tiga penyair kita yang berhasil memaksa kita dengan cermat mendengarkan demi penghayatan atas keindahan dongengnya.

Dan sebagaimana puisi Aan Mansyur, ilustrasi Emte juga seolah “berbicara” kepada pembaca dengan caranya sendiri.

Menikmati Akhir Pekan

 

Aku benci berada di antara orang-orang yang bahagia.

Mereka bicara tentang segala sesuatu,

tapi kata-kata mereka tidak mengatakan apa-apa.

Mereka tertawa dan menipu diri sendiri

menganggap hidup mereka baik-baik saja.

Mereka berpesta dan membunuh anak kecil dalam diri mereka.

Aku senang berada di antara orang-orang yang patah hati.

Mereka tidak banyak bicara, jujur, dan berbahaya.

Mereka tahu apa yang mereka cari.

Mereka tahu dari diri mereka ada yang telah dicuri.

 

(M. Aan Mansyur)

Filed in: Seni dan Budaya

No comments yet.

Leave a Reply