11:37 pm - Sunday October 22, 2017

Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan

Berbahagialah Anda yang suka berkebun karena ternyata berkebun merupakan salah satu kegiatan yang punya banyak manfaat positif bagi tubuh. Bukan hanya untuk menghijaukan lingkungan, aktifitas berkebun juga baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Berikut ini beberapa manfaat berkebun yang akan membuat Anda pasti ingin lebih rajin melakukannya :

  1. Menurut Anna Ranieri, PhD., aktifitas berkebun dapat meredakan stress. Bahkan berkebun lebih ampuh mengurangi stress daripada aktifitas piknik atau rekreasi. Pasalnya, dengan berkebun, Anda akan lebih rutin melihat tanaman alami yang memberikan efek relaksasi bagi pikiran.
  2. Kegiatan tanam – menanam dalam berkebun ternyata sangat baik untuk melatih konsentrasi. Saat menggali tanah dan memasukkan bibit tanaman, pikiran Anda akan lebih focus sehingga kemampuan konsentrasi pun akan meningkat.
  3. Berkebun juga bisa dijadikan sebagai aktifitas olah raga dengan intensitas sedang. Menurut Center for Disease Control and Prevention (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), Anda dapat membakar hingga 330 kalori selama satu jam saat berkebun. Jumlah pembakaran kalori tersebut bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan satu jam angkat beban.
  4. Lakukan aktifitas berkebun pada pagi hari agar Anda mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dari sinar matahari pagi. Vitamin D akan membantu memperkuat tulang dan juga menjaga kekebalan tubuh Anda.
  5. The National Heart, Lung, and Blood Institute, menyatakan bahwa berkebun bisa memerangi tekanan darah tinggi. Dengan hanya melakukan aktifitas berkebun selama 30 menit per minggu, Anda dapat mengontrol tekanan darah dan mencegah timbulnya tekanan darah tinggi.
  6. Sebuah penelitian dari Swedia menyebutkan bahwa kegiatan berkebun juga dapat mencegah serangan stroke dan jantung. Para peneliti menyimpulkan, lansia yang aktif berkebun memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah dibandingkan mereka yang sama sekali tidak pernah melakukan aktifitas tersebut.
  7. Sebuah studi dari Belanda menemukan, tukang kebun cenderung memiliki kadar gula lebih rendah. Bahkan sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari University of Alabama menemukan, pasien diabetes yang aktif berkebun membutuhkan obat lebih sedikit dibandingkan dengan pasien yang tidak pernah melakukan aktifitas berkebun.
Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply