6:29 pm - Saturday October 21, 2017

Makanan Untuk Diet Yang Baik Bagi Tubuh

Diet tak hanya mempunyai tujuan menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh saja. Namun juga fungsinya untuk menjaga kesehatan pada tubuh yang kita miliki. Namun kadang orang kebanyakan salah kaprah tentang definisi diet yang berkembang di masyarakat. Pada masyarakat umumnya diet banyak diartikan dengan mengurangi porsi makan berarti akan berkurang juga asupan gizi yang masuk kedalam tubuh. Dan jika seperti itu yang terjadi maka bisa dipastikan diet akan menyiksa tubuh kita. Padahal ada makanan untuk diet yang tidak akan mengurangi asupan gizi sehingga tubuh akan tetap fit dan bisa beraktifitas seperti biasanya.

Diet yang tepat sebenarnya adalah tetap menjaga nutrisi yang masuk kedalam tubuh kita agar sesuai dengan kebutuhan tubuhsehingga tubuh tidak kelebihan atau kekurangan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh kita. Pola diet yang benar dan sehat adalah dengan cara mengontrol kebutuhan kalori, mineral, vitamin dan zat gizi lainnya yang di butuhkan oleh tubuh kita. Caranya adalah dengan memperhatikan makanan untuk diet dengan memilih makanan yang sehat dan tepat. Dan berikut merupakan makanan yang dianjurkan bagi Anda yang melakukan diet.

Makanan yang mengandung sumber protein
Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh gunanya untuk pembentukan otot dan meningkatkan kesehatan tubuh. Makanan untuk diet yang mengandung protein dan baik bagi tubuh adalah:

1. Ikan Tuna
Ikan ini mempunyai kandungan protein yang tinggi dan mudah untuk dicerna. Tuna juga dipercaya mengandung asam lemak Omega3, mineral selenium, potassium, magnesium, niasin dan vitamin B1 dan B6

2. Daging sapi bebas lemak
Selain kaya protein, juga mengandung vitamin B, creatine, zat besi dan masih banyak lagi.

3. Daging kambing
Kambing juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, zat besi, fosfor, zinc dan tembaga. Namun kandungan kolesterol dalam kambing sangat tinggi sehingga disarankan untuk divariasikan dengan daging sapi.

4. Putih telur ayam
Meskipun merupakan protein yang lambat serap karena baru mampu diserap tubuh setelah 3 jam, namun putih telur mengandung protein, selenium, asam lemak omega3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, zat besi, folat dan fosfor.

5. Kacang hijau
Kacang Hijau terkenal sebagai makanan yang kaya serat dan mengenyangkan dan mampu memperbaiki pencernaan. Hebatnya lagi kacang hijau bisa mengendalikan kolesterol karena kandungan lemak esensialnya.

Makanan Untuk Diet Yang Baik Bagi Tubuh

Makanan yang mengandung karbohidrat
Beberapa sumber karbohidrat yang bagus sebagai makanan untuk diet antara lain:

1. nasi beras merah
Manfaatnya mampu menurunkan kadar kolesterol yang buruk serta memperlancar pencernaan serta mengenyangkan lebih lama.

2. Roti gandum utuh
Roti gandum utuh mengandung protein, mineral, multivitamin dan masih banyak lagi nutrisi baik lainnya.

3. Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung banyak zat- zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, anti oksidan dan lain- lain.

4. Buah- buahan
Buah-buahan banyak mengandung vitamin, mineral, zat besi, kalium, magnesium, fosfor dan masih banyak lagi. Selain kaya serat buah juga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply