10:48 pm - Wednesday October 18, 2017

Kedubes Inggris Tunjukkan Kepedulian Lingkungan Lewat Komik

Kedubes Inggris Tunjukkan Kepedulian Lingkungan Lewat Komik

Kedutaan Besar Inggris sedang gencar menyuarakan kepeduliannya terhadap dampak perubahan iklim dunia. Cara yang dipilih untuk menyatakan kepedulian tersebut cukup unik dan menarik, yaitu melalui media komik.

Komik yang diterbitkan secara online ini akan menceritakan tentang dampak buruk yang terjadi di berbagai belahan dunia setelah perubahan iklim yang cukup ekstrim. Diciptakan oleh komikus Korea Selatan yang bernama Sung-Ho An.  Komik ini diberi nama “Noru” yang dalam bahasa Korea berarti “rusa”.

Komik Noru pertama kali diluncurkan pada tanggal 2 Maret 2014, dan pada saat yang bersamaan juga diluncurkan di Indonesia melalui situs www.noruindonesia.com . Episode – episode selanjutnya akan dirilis setiap dua minggu sekali.

Komik ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar terus menjaga lingkungannya dan mengurangi pemanasan global. Kesadaran akan pelestarian lingkungan diharapkan akan tumbuh setelah masyarakat membaca komik ini.

Menurut laporan yang diluncurkan oleh Climate BBC pada Oktober 2013 yang lalu, Indonesia adalah negara yang memiliki pengetahuan paling minim mengenai dampak buruk perubahan iklim. Jika dibandingkan dengan negara – negara di Asia lainnya, masyarakat Indonesia adalah yang paling kurang kesadarannya mengenai upaya pelestarian lingkungan.

Fakta tersebut mendorong kedutaan besar Inggris di Indonesia untuk bekerja sama dengan Unit Perubahan Iklim Inggris di Jakarta untuk menerjemahkan serta mempublikasikan komik tersebut di Indonesia. Pesan yang ingin disampaikan, supaya masyarakat mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan cara – cara yang sederhana dimulai dari diri sendiri lalu disebarkan kepada orang – orang disekitarnya.

Aksi ini diharapkan dapat menekan pemanasan global. Secara sederhana, kita bisa turut berpartisipasi misalnya dengan mematikan listrik dan air saat tidak dibutuhkan, membawa botol, tas belanja dan kotak makanan untuk mengurangi penggunaan styrofoam atau kemasan plastik sekali pakai.

Filed in: Dunia

No comments yet.

Leave a Reply