11:37 pm - Sunday October 22, 2017

Jaga Berat Badan Selama Lebaran

Jaga Berat Badan Selama LebaranLebaran tiba, seluruh umat muslim di dunia menyambut dengan gembira. Hari kemenangan yang dinanti kini bisa dinikmati bersama keluarga dan para sahabat. Makanan lezat pun tersaji penuh diatas meja.

Berbagai kue dengan bentuk, warna dan rasa yang menggugah selera menjadi salah satu ciri khas sajian Lebaran yang tak boleh ketinggalan. Sajian lainnya yang tak kalah menggugah selera adalah ketupat serta makanan khas pendampingnya, ada opor, rendang, gudeg dan berbagai makanan khas daerah. Makanan khas saat Lebaran biasanya tak lepas dari kuah santan. Kadar minyak dan lemaknya pun biasanya melebihi hidangan di hari biasa.

Berbagai makanan yang tersaji saat Lebaran memang sungguh sayang untuk dilewatkan. Namun, jangan kalap saat menikmatinya. Jangan sampai setelah Lebaran berat badan malah naik drastis. Wah, bisa susah lagi menurunkan berat badan yang sudah terlanjur melonjak naik.

Karena itu, pastikan untuk tetap menjaga berat badan selama Lebaran. Jangan kalap makan seperti balas dendam setelah sebulan berpuasa. Kalau banyak saudara yang akan dikunjungi, makanlah setengah porsi lebih sedikit dari porsi normal. Jadi walaupun makan berkali – kali, porsi makan tetap tidak berlebihan.

Hindari pula lapar mata menyantap aneka kue yang tersedia. Jaga perut selalu kenyang dengan makanan utama agar tidak “khilaf” saat makan kue – kue yang manis.

Selama Lebaran biasanya kita lupa untuk tetap menyantap sayur dan buah. Ini adalah kesalahan besar yang bisa membawa kita pada kelebihan berat badan. Pastikan sayur dan buah tetap tersedia diatas meja untuk mengimbangi berbagai hidangan daging yang berlemak dan kaya akan kolesterol.

Pastikan juga untuk tidak melupakan olah raga selama Lebaran. Tetap lakukan olah raga ringan di sore hari untuk menjaga tubuh tetap bugar dan melancarkan metabolisme. Jalan kaki atau lari – lari kecil mengitari rumah sudah cukup untuk membakar kalori yang kita dapat selama makan seharian.

Jangan lupa juga dengan pola makan sehat. Hindari makanan berat di malam hari. Makanlah maksimal 2 jam sebelum tidur.

Tetap jaga kesehatan dan berat badan selama Lebaran agar silaturahmi pun tetap berjalan dengan lancar.

Jaga Berat Badan Selama Lebaran 2

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply