10:41 pm - Wednesday October 18, 2017

Inilah Pesawat Kepresidenan Indonesia

Setelah 69 tahun Indonesia merdeka dari penjajah dan mendeklarasikan diri sebagai negara republik, untuk pertama kalinya kini Indonesia memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Pesawat berjenis Boeing 737 – 800 berwarna biru – putih ini telah diproduksi sejak tahun 2011.

Proses pembuatan berlangsung cukup lama karena harus dimodifikasi sesuai dengan desain yang diinginkan pemerintah Indonesia. Kapasitas pesawat dapat mencapai 67 orang dengan 4 ruang pertemuan VVIP, 2 ruang VVIP, 12 ruang eksekutif serta 44 ruang untuk staff.

Pesawat ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat mobilitas presiden RI dalam menjalankan tugas kenegaraan baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Untuk menjamin keamanan penumpang, pesawat dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi ancaman peluru kendali. Untuk pemasangan perangkat keamanan tingkat tinggi pesawat kepresidenan Indonesia saja, pemerintah telah menghabiskan dana sebesar 4,5 juta dolar Amerika Serikat.

Pesawat kepresidenan Indonesia kedepannya akan disimpan di hanggar TNI Angkatan Udara. Pemeliharaan pesawat sepenuhnya diserahkan kepada Garuda Indonesia dan TNI Angkatan Udara. Sedangkan untuk pengoperasian akan ditangani oleh Skuadron Udara 17 Landasan Udara Halim Perdanakusuma dari TNI Angkatan Udara.

Inilah Pesawat Kepresidenan Indonesia

Namun, pengadaan pesawat kepresidenan Indonesia ini ternyata banyak juga mengundang ketidaksetujuan. Banyak pihak yang menganggap bahwa Indonesia sebetulnya belum perlu memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Pasalnya, selama ini presiden dapat dengan lancar menggunakan pesawat komersil dengan pelayanan utama.

Komentar negatif pun banyak bermunculan. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa pengadaan pesawat kepresidenan Indonesia ini merupakan pemborosan, mengingat masih tingginya angka kemiskinan serta kemakmuran rakyat yang belum merata. Ditambah lagi dengan tingkat korupsi yang tinggi, banyak pihak khawatir bahwa dalam pengadaan serta perawatan pesawat kepresidenan Indonesia ini hanya akan menjadi “lahan” untuk mempertebal kantong para koruptor.

Filed in: Nasional

No comments yet.

Leave a Reply