3:08 pm - Tuesday October 18, 7008

Ingin Langsing? Ganti Menu Anda dengan Menu Diet Sehat

Memilih menu makanan yang tepat untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet memang akan terasa sedikit susah karena terkadang menu diet yang disnjurkan untuk konsumsi kita sehari-hari tersebut tidak sama dengan apa yang ingin dikonsumsi. Mengatur nafsu dan tetap mempertahankan keinginan untuk memiliki tubuh dengan berat badan ideal itulah yang seharusnya dilakukan agar kita tetap berada dalam koridor program diet yang benar.

menu diet sehat
Menjalankan program diet, notabene bukan hanya mengurangi takaran makanan yang masuk ke dalam tubuh kita saja, melainkan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh harus lolos uji seleksi kecukupan gizi tubuh. Makanan yang lolos seleksi itulah yang kemudian dikombinasikan menjadi sebuah menu diet yang akan dikonsumsi setiap harinya. Dengan menerapkan diet disertai menu diet sehat yang dikonsumsi sesuai aturan, maka ketahanan tubuh seseorang akan tetap terjaga tanpa menimbulkan kegemukan. Penasaran dengan tata cara menyusun menu diet sehat? Berikut tahap-tahap yang harus anda lakukan!

1. Tidak mengurangi intensitas makan
Diet bukan berarti seseorang harus makan 1-2 kali sehari, namun diet lebih dititikberatkan pada pengurangan porsi makanan, bukan pada intensitasnya. Hal yang juga perlu diingat adalah menjaga kualitas makanan karena menu diet yang sehat dan bisa dikonsumsi adalah makanan bergizi dengan asupan gizi yang seimbang.

2. Kebutuhan Cairan Tubuh
Jika ada makanan, pasti ada pula minuman. Bagi orang yang sedang menjalankan program diet dan ingin menyusun sebuah menu diet yang sehat, maka orang tersebut juga harus memperhatikan minuman yang dikonsumsi. Dalam menu diet sehat, minuman yang dianggap paling baik untuk dikonsumsi adalah jenis minuman dengan kadar lemak rendah, seperti teh hijau. Selain minuman rendah lemak, seseorang yang menjalani program diet juga harus mengurangi asupan gula atau glukosa yang masuk ke dalam tubuh.

3. Hindari Kebiasaan Ngemil
Jika minuman dan makanan berglukosa tinggi sudah tidak dianjurkan, maka pantangan selanjutnya dalam rangkaian menu diet sehat adalah memakan camilan di malam hari karena hal itu dapat menyebabkan penimbunan lemak yang sulit untuk dibakar. Lemak yang tertimbun tersebut akan susah dibakar lantaran pada malam hari, aktivitas seseorang akan sangat minimal.

4. Konsumsi Sayur dan Buah
Sedangkan hal terakhir yang dianjurkan dalam menu diet sehat adalah sayuran dan buah-buahan karena dua menu inilah yang akan berperan sebagai menu penyeimbang jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori. Cara mengkonsumsinya juga relatif mudah, cukup dikonsumsi langsung atau dijadikan jus tanpa gula saja. dengan begitu, jumlah kalori yang ada di dalam tubuh bisa seimbang dan tidak akan kalori berlebih yang nantinya bisa berujung pada kegemukan.

Sekian tadi beberapa kiat dan panduan untuk merancang menu diet yang sehat untuk anda, selamat membuat dan selamat menerapkan!

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply