11:32 pm - Sunday October 22, 2017

Indonesia Pernah Masuk Piala Dunia?

Indonesia Pernah Masuk Piala Dunia

Mungkin banyak yang sangsi, namun faktanya tim Indonesia memang pernah menjadi salah satu tim yang turut berlaga dalam Piala Dunia. Sejarah mencatat bahwa pada tahun 1938, Indonesia yang pada saat itu masih bernama Hindia Belanda dan berada dibawah kekuasaan kerajaan Belanda, merupakan tim pertama dari Asia yang berlaga di Piala Dunia. Perancis adalah negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia saat itu. Pada laga tersebut, tim Hindia Belanda dipimpin oleh Achmad Nawir yang berprofesi sebagai seorang dokter.

Namun sayangnya, tim Hindia Belanda harus gugur setelah gagal mengalahkan tim Hungaria. Menurut L’Equipe, salah satu koran Perancis yang terbit pada tanggal 6 Juni 1938, tim Hindia Belanda tampil dengan gaya menggiring bola yang sungguh brilliant namun sayangnya tidak ada penjagaan yang ketat sehingga pertahanannya sungguh amburadul.

Faktor lain yang mempengaruhi kekalahan tim Hindia Belanda pada waktu itu adalah karena postur tubuh yang jauh berbeda. Pemain Hungaria berperawakan tinggi besar, sedangkan pemain dari Indonesia terbilang “mini” dengan tinggi badan rata – rata hanya 160 cm. Kehadiran tim Hindia Belanda dalam laga Piala Dunia Perancis 1938 cukup menarik perhatian para penonton. Pemain asal Indonesia ini memukau penonton dengan sopan santun mereka.

Setelah gagal dalam laga melawan Hungaria pada Piala Dunia 1938 di Perancis, tim Hindia Belanda melakukan beberapa kali laga persahabatan dengan tim – tim Eropa. Kemudian baru memulai perjalanan kembali ke Indonesia pada tanggal 1 Juli 1938.

Setelah kemunculannya pada World Cup tersebut, para anggota tim kemudian tidak diketahui lagi sepak terjangnya. Namun demikian, 2 anggota tim sempat diketahui keberadaanya yaitu kiper Mo Heng Tan dan pemain tengah Frans Alfred Meeng.

Pada tahun 1951, kiper Mo Heng Tan ikut memperkuat tim Indonesia dalam laga persahabatan melawan tim Singapura. Sedangkan pemain tengah Frans Alfred Meeng tewas tenggelam bersama kapal Jepang yang bernama Junyo Maru. Kapal tersebut pada tahun 1944 ditenggelamkan oleh kapal selam milik Inggris.

Achmad Nawir, Kapten Tim Hindia Belanda (kiri)

Achmad Nawir, Kapten Tim Hindia Belanda (kiri)

Filed in: Olah Raga

No comments yet.

Leave a Reply