11:40 pm - Sunday October 22, 2017

Inacraft 2014, Bentuk Nyata Pelestarian Budaya Indonesia

Inacraft 2014, Bentuk Nyata Pelestarian Budaya Indonesia

Inacraft, pameran kerajinan Indonesia paling bergengsi tahun 2014 telah dibuka. Upacara pembukaan dilaksanakan pada Rabu, 23 April jam 10 pagi. Inacraft 2014 secara resmi telah dibuka dengan sambutan dari Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Penyelenggaraan inacraft tahun 2014 ini merupakan penyelenggaraan inacraft yang ke 16. Untuk tahun ini, tema yang diambil adalah From Smart Village to Global Market atau “Dari Desa Kecil Menuju Pasar Global”. Sedangkan daerah yang dijadikan icon adalah Jawa Tengah.

Tidak hanya para pengrajin dan pelaku usaha saja yang turut meramaikan inacraft 2014. Para seniman dari Jawa Tengah pun antusias turut meramaikan acara ini. Sehingga suasana inacraft 2014 akan sangat kental dengan nuansa Jawa Tengah.

Sebagaimana tahun – tahun sebelumnya, pengrajin serta pelaku usaha yang turut berpartisipasi dalam inacraft tahun ini lebih banyak jika dibandingkan pada inacraft 2013. Yang berbeda dari inacraft 2014 ini adalah diadakannya seminar untuk meningkatkan kualitas produk serta strategi pemasaran bagi para pengrajin dan pelaku usaha. Sedangkan untuk para pengunjung, disediakan bus jemputan yang akan beroperasi dari mall – mall terdekat untuk memudahkan para pengunjung mencapai lokasi inacraft 2014.

Melalui inacraft ini, diharapkan hasil kerajinan Indonesia dapat semakin berjaya di pasar internasional. Kreatifitas para pengrajin pun tak kalah jika dibandingkan dengan industri kerajinan luar negeri. Disamping itu, melalui pameran inacraft ini diharapkan agar kebudayaan kerajinan nusantara dapat terus terjaga kelestariannya.

Pameran inacraft 2014 dilaksanakan selama 5 hari, sejak tanggal 23 hingga 27 April 2014. Pameran dibuka setiap pukul 10 pagi sampai pukul 9 malam. Berlangsungnya acara masih seperti tahun – tahun sebelumnya, yaitu di Jakarta Covention Center (JCC).

Jadi, bagi Anda pecinta kerajinan nusantara, manjakan diri Anda dengan menikmati akhir pekan ini di inacraft 2014. Mari turut lestarikan budaya Indonesia dengan aksi nyata menggunakan kerajinan asli Indonesia.

Filed in: Seni dan Budaya

No comments yet.

Leave a Reply