11:40 pm - Sunday October 22, 2017

Hari Buruh Nasional 2014, Buruh Indonesia Ajukan 10 Tuntutan

Hari buruh nasional atau biasa juga disebut may day selalu diperingati setiap tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Tanggal 1 Mei telah ditetapkan Pemerintah sebagai hari libur nasional. Pada setiap peringatan hari buruh, biasanya akan diwarnai dengan aksi unjuk rasa.

Sebagaimana tahun – tahun sebelumnya, pada peringatan hari buruh 2014 ini pun belasan ribu buruh di Jakarta dan sekitarnya akan menggelar aksi unjuk rasa. Aksi unjuk rasa ini akan dilaksanakan di beberapa lokasi seperti Bundaran Hotel Indonesia, depan Istana Merdeka dan depan Gedung DPR/MPR RI serta kantor-kantor pemerintahan. Puncaknya, massa akan bergerak ke Stadion Gelora Bung Karno Senayan. Demi menjaga keamanan serta kelancaran unjuk rasa, nantinya Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menurunkan sekitar delapan belas ribu personel.

Hari Buruh Nasional 2014

Sebelum berlangsungnya aksi unjuk rasa ini, pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan koordinator dari pihak buruh agar unjuk rasa berlangsung secara damai. Dalam aksi unjuk rasa kali ini, buruh Indonesia akan mengajukan 10 tuntutan. Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), berikut ini adalah 10 tuntutan buruh Indonesia pada hari buruh nasional 2014 :

  1. Upah minimum 2015 naik sebesar 30% & revisi KHL menjadi 84
  2. Tolak penangguhan upah minimum 2014
  3. Jalankan jaminan pensiun wajib bagi buruh pada Juli 2015
  4. Jalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat dengan cara cabut permenkes 69/2013 tentang tarif, ganti INA CBG’s dengan free for services, audit BPJS Kesehatan & BPJS jaminan ketenagakerjaan
  5. Hapus outsourcing, khususnya di BUMN
  6. Sahkan RUU PRT & revisi UU perlindungan TKI
  7. Cabut UU ormas, ganti RUU perkumpulan
  8. Angkat pegawai & guru honorer menjadi PNS & subsidi satu juta rupiah per orang per bulan dari APBN untuk guru honorer
  9. Sediakan transportasi publik & perumahan murah untuk buruh
  10. Jalankan wajib belajar 12 tahun & beasiswa untuk anak buruh sampai perguruan tinggi
Filed in: Nasional

No comments yet.

Leave a Reply