11:34 pm - Sunday October 22, 2017

Hari Bumi, Bentuk Kepedulian Terhadap Bumi

Hari Bumi, Bentuk Kepedulian Terhadap Bumi

Hari Bumi Internasional telah ditetapkan untuk diperingati pada tanggal 22 April setiap tahunnya. Hari Bumi ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan kepedulian masyarakat terhadap planet yang kita huni bersama yaitu bumi. Hari Bumi pertama kali dicanangkan pada tahun 1970 oleh Gayrold Nelson, senator Amerika Serikat.

Kini telah terbentuk sebuah organisasi massa yang diberi nama Jaringan Hari Bumi atau Earth Day Network. Jaringan inilah yang mengoordinasi peringatan hari bumi di lebih dari 175 negara di dunia. Setiap tahunnya, banyak aktivitas positif yang dilakukan masyarakat dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional.

Di Indonesia sendiri, kepedulian terhadap Hari Bumi semakin meningkat setiap tahunnya. Pada tahun ini, Kebun Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Pertanian dari Universitas Gajah Mada, Jogjakarta menyelenggarakan kegiatan dalam rangka mendukung peringatan Hari Bumi Internasional. Kegiatan tersebut diberi judul “Hijau Desaku, Bersih Sungaiku, Lestari Bumiku”.

Lain halnya dengan dengan aksi para aktivis lingkungan di Banda Aceh. Selain menyelenggarakan aksi Earth Hour, pada tanggal 22 April kemarin, para seniman, aktivis lingkungan serta berbagai komunitas pemuda di Aceh menggelar aksi teatrikal. Dengan kostum berwarna – warni yang cerah, mereka melakukan parade keliling kota Banda Aceh.

Berbeda lagi dengan aksi kepedulian lingkungan yang dilakukan oleh himpunan mahasiswa Universitas Lampung yang tergabung dalam Himasylva. Pada peringatan Hari Bumi 2014 ini, komunitas mahasiswa melaksanakan kegiatan peduli lingkungan yang terbuka untuk umum sejak tanggal 19 April. Pada 19 April diadakan Gerakan Tanam 1.000 Mangrove, kemudian diikuti dengan 1.000 Bibit untuk Bumi pada tanggal 22 April, lalu disusul lagi dengan kuliah umum pada tanggal 30 April. Tidak hanya sampai disitu saja, kegiatan masih akan dilanjutkan pada tanggal 9 sampai dengan 11 Mei mendatang dengan agenda Kemah Konservasi III.

Filed in: Berita Unik

No comments yet.

Leave a Reply