10:36 pm - Wednesday October 18, 2017

Gempa Chile Mencapai 8,2 Skala Richter

Gempa Chile Mencapai 8,2 Skala RichterMata dunia tertuju pada Chile setelah gempa berkekuatan 8,2 skala richter mengguncang pantai utara Chile. Gempa dahsyat yang berpotensi tsunami ini mengguncang Chile pada Rabu malam, 2 April 2014 pukul 20.46 waktu setempat.

Pusat gempa berada pada kedalaman sekitar 10 km. Gempa ini berpotensi dapat menimbulkan tsunami dengan skala moderat. Tsunami yang telah terjadi hari ini melanda kawasan pantai Pisagua dengan ketinggian gelombang 6 kaki atau setara dengan 1,8 meter. Gelombang tsunami dengan ketinggian yang sama juga telah dilaporkan terjadi di Iquique, Chile. Gempa tersebut juga mengakibatkan tanah longsor yang melanda beberapa daerah di Chile.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik telah mengumumkan peringatan waspada tsunami untuk wilayah Kolombia, Ekuador, Panama, Peru, Nicaragua, Honduras, Meksiko, Costa Rica,Guatemala serta El Savador.

Wakil Menteri Dalam Negeri Chile, Mahmud Aleuy melalui CNN menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini belum ada kerusakan besar yang diakibatkan oleh gempa yang terjadi pada hari rabu malam tersebut.

Beberapa saat setelah gempa melanda Chile, Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB Indonesia mengeluarkan peringatan resmi adanya potensi tsunami. Menurut pernyataan Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB, peringatan dini telah diumumkan secara resmi di 115 lokasi pada 19 provinsi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Wilayah yang mendapatkan peringatan waspada tsunami antara lain adalah Jayapura, Papua Barat,  Sarmi, Supiori, Biak Numfor dan Waropen yang berada di wilayah pesisir Papua. Sedangkan untuk wilayah lain yaitu Maluku Utara, Banten, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Barat, Lampung, Bali, Sulawesi, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur serta wilayah lain di Indonesia Timur.

Namun peringatan ini akhirnya dinyatakan berakhir pada hari kamis, 3 April 2014 pagi setelah tsunami tidak mencapai wilayah Indonesia.

Filed in: Dunia

No comments yet.

Leave a Reply