3:08 pm - Saturday October 18, 7141

Gaya Hidup Sehat ala Michelle Obama

Gaya Hidup Sehat ala Michelle Obama

Ibu negara Amerika ini sejak awal gencar berkampanye tentang hidup sehat. Melalui program ‘Let’s Move’, ia pun memberi contoh. Aktif mengunjungi berbagai sekolah dan komunitas. Program yang mengajak hidup sehat ini ternyata mudah dilakukan! Let’s Move – America’s move to raise a helathier generation of kids. Inilah program kampanye hidup sehat yang digagas oleh Michelle Obama.

Tak tanggung-tanggung, ibu negara ini memberi contoh langsung dengan menamam berbagai jenis sayuran dan buah di kebun Gedung Putih. Beliau juga aktif mengunjungi sekolah serta komunitas di berbagai negara bagian Amerika. Ide ini digagas karena adanya fakta bahwa obesitas atau kasus kegemukan pada anak-anak meningkat tajam di Amerika. Anak – anak yang lahir di tahun 2000-an, sepertiganya menderita kegemukan.

Untuk menerapkan hidup sehat ini, cobalah langkah – langkah sederhana dibawah ini :

1. Untuk orang tua: Orang tua adalah pusat perhatian dan contoh bagi anak. Karena mereka bertanggung jawab atas makanan dan menu keluarga. Cobalah cara sederhana ini :

  • Taruhlah buah-buah segar (bisa dalam bentuk potongan) dalam wadah yang gampang dijangkau anak-anak sehingga tiap saat mereka mudah memakannya sebagai camilan.
  • Kalau di dekat rumah ada taman, ajaklah anak-anak jalan kaki sebentar seusai makan malam agar ada gerakan tubuh meskipun ringan.
  • Buatlah rencana menu buat seminggu. Ajak anak-anak untuk memilih dan menentukan apa yang ingin mereka makan. Anak-anak jadi tahu dan mengenal makanannya dengan baik.
  • Usahakan makan malam bersama keluarga. Jangan lupa, matikan TV dan ajak anak-anak ngobrol di meja makan.
  • Cobalah ajak sekolah (melalui kepala sekolah) untuk mulai membentuk gerakan makan sehat.

2. Untuk anak-anak: Anak-anak merupakan modal bangsa di masa depan. Anak-anak harus tumbuh sehat, makan teratur, selalu bergerak agar bersemangat meraih impian.

  • Bergerak tiap hari : Anak-anak perlu bergerak selama 1 jam per hari. Tak usah berturutan waktunya, namun manfaat gerak sangat baik buat anak-anak. Mereka lebih santai, lebih gembira, lebih bebas perasaannya dan lebih cepat tidur nyenyak di malam hari.
  • Cobalah buah dan sayuran segar baru tiap hari : Buah dan sayuran segar merupakan sumber nutrisi hebat. Ajak anak-anak mengenal buah dan sayur segar sebelum dimakan. Beirlah contoh, kalau menolak, cobalah jenis buah lainnya. Dengan cara ini konsumsi buah dan sayur segar akan selalu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.
  • Minumlah banyak air : Tindakan pertama yang harus dilakukan, jauhkan minuman bersoda dari anak-anak. Minuman bersoda dan manis akan memicu kegemukan. Berilah minuaman air mineral yang dingin dan bersih tiap kali mereka ingin minum. Buat tampilan air menarik, dengan menambahkan irisan semangka atau jeruk atau dengan tambahan es batu.
Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

One Response to “Gaya Hidup Sehat ala Michelle Obama”

  1. March 27, 2014 at 11:47 AM #

    Ibu Negara Amerika Michelle Obama ini senang sekali sama anak anak kecil utk menjaga kesehatannya ya admin. Ijon copas di blogcepot ya admin.

Leave a Reply