6:31 pm - Saturday October 21, 2017

Gangguan Kesehatan Yang Membuat Tubuh Menjadi Gemuk

gangguan kesehatan membuat tubuh gemuk

Menurunkan berat badan dengan cara mengatur pola makan sehari-hari adalah salah satu metoda yang cukup efektif untuk saat ini, merekapun banyak yang mengaku puas dengan hasil yang didapatkan.

Meskipun berhasil dalam menurunkan berat badan, namun diantara mereka juga banyak yang mengaku cukup kesulitan ketika harus mempertahankan berat badan agar tetap ideal sebagaimana yang diharapakan, padahal diantara mereka mengaku sudah berusaha cukup keras untuk mempertahankan berat badan tersebut, akan tetapi hasilnya tetap saja berat badan selalu naik meskipun berbagai makanan yang menyebabkan terjadinya kegemukan telah mereka hindari.

Bagi anda yang mengalami hal seperti itu, anda perlu mengetahui bahwa dalam menjaga berat badan tidaklah cukup hanya dengan menghindari jenis makanan tertentu. Ada aspek-aspek lain yang menyebabkan berat badan menjadi naik yang mungkin anda lupakan, salah satunya adalah kondisi kesehatan itu sendiri.

Berikut adalah kondisi kesehatan yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk:

  • Melemahnya metabolisme dalam tubuh: Dalam menjaga berat badan agar tetap ideal, anda harus memperhatikan agar metabolisme dalam tubuh selalu terjaga. Jika tidak, maka otomatis metabolisme didalam tubuh anda menjadi melemah sehingga terjadi penumpukan kalori karena tidak seimbangnya asupan makanan sehari-hari.
  • Asupan obat-obatan secara rutin: Beberapa jenis obat-obatan seperti rutin mengkonsumsi pil KB dapat berpengaruh terhadap bertambahnya nafsu makan, hal ini tentu saja ikut mempengaruhi pada berat badan anda.
  • Stress: Ingin berat badan anda tetap ideal? Hindari diri anda dari gangguan mental seperti ini. Dengan mengalami stress, maka otomatis anda diwajibkan mengkonsumsi obat antidepresan, obat ini salah satu penyebab terjadinya kegemukan. Selain itu, depresi yang terjadi pada diri anda juga berpengaruh besar terhadap bertambahnya berat badan.
  • Sedikitnya asupan nutrisi: Selain menjaga asupan makanan yang seimbang, untuk menjaga berat badan tetap ideal, anda juga dituntut untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi dalam tubuh anda sehari-hari. Utamakan untuk menjaga kondisi tubuh ini dengan mengkonsumsi vitamin D, zat besi dan magnesium agar tubuh anda selalu terlindungi dan tingkat energy lebih seimbang. Untuk memenuhi kebutuhan diatas, anda dapat mendapatkannya dari makanan-makanan sehat seperti yoghurt, susu dan berbagai daging yang tak berlemak.
  • BAB tidak teratur: Normalnya setiap orang dalam membuang air besar adalah 2 kali dalam sehari, jika kurang dari itu atau bahkan tidak sama sekali, berarti BAB anda tidak teratur dan harus waspada terhadap bertambahnya berat badan. Hal ini terjadi karena dehidrasi atau melemahnya fungsi pencernaan dalam tubuh anda. Untuk mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang banyak mengandung serat.

Dengan memperhatikan berbagai kondisi kesehatan diatas, diharapkan dapat mempermudah anda dalam menjaga agar berat badan tetap ideal dan seimbang.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply