11:37 pm - Sunday October 22, 2017

Film “Noah” Dilarang Tayang di Indonesia. Kenapa?

Film “Noah” Dilarang Tayang di Indonesia. KenapaSatu lagi film yang mengundang kontroversi sampai dilarang diputar di Indonesia. Kali ini, film yang dilarang tayang tersebut adalah film asal Hollywood yang berjudul “Noah”. Film ini dirilis pada bulan Maret 2014 yang lalu dan diproduksi oleh Paramount Pictures.

Film Noah diproduksi dengan biaya kurang lebih 125 juta dolar dan dibintangi oleh actor serta aktris kenamaan Hollywood, diantaranya Russell Crowe, Emma Watson, Jennifer Connely, Anthony Hopkins serta Ray Winstone.

Sesuai dengan judulnya, film ini secara garis besar menceritakan tentang Noah atau yang dalam Islam dikenal dengan nama Nabi Nuh AS. Sebagaimana yang juga diyakini oleh agama lain, film ini menitik beratkan pada kisah banjir besar yang terjadi pada jaman Nabi Nuh AS.

Namun, film Noah menuai kontroversi di banyak negara. Pasalnya, apa yang digambarkan dalam film ini dinilai menyesatkan dan tidak sesuai dengan apa yang tertulis di kitab suci. Banyak adegan dalam film yang dinilai bertentangan dengan cerita yang ada baik pada Al Quran maupun Alkitab.

Ace Showbiz memberitakan bahwa Universitas Al-Azhar di Mesir menyatakan keberatan dengan film Noah karena melanggar hukum Islam dan bisa memprovokasi perasaan orang-orang yang beriman. Juma al-Leem dari National Media Center Uni Emirat Arab juga menyebutkan adanya adegan dalam film Noah yang bertentangan baik dengan ajaran Islam maupun Alkitab, sehingga Uni Emirat Arab memutuskan tak menayangkan film tersebut.

Rumah produksi Paramount Pictures sendiri mengemukakan bahwa filmnya merupakan bagian dari seni. Kisah dalam film Noah memang tidak sepenuhnya berasal dari Kitab Suci, karena dibuat serealistis mungkin dengan mengesampingkan hal – hal yang bersifat mitologi.

Film ini akhirnya dilarang diputar di beberapa negara Islam, termasuk di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Bahkan di Amerika sendiri, film Noah mendapatkan respon negatif di beberapa negara bagian pada pemutaran perdananya.

Filed in: Hiburan

No comments yet.

Leave a Reply