10:43 pm - Wednesday October 18, 2017

Festival Palang Pintu Kemang 2014, Betawi Punye Budaye

Festival Palang Pintu Kemang 2014, Betawi Punye BudayeFestival Palang Pintu yang ke 8 digelar di Kemang tanggal 7 – 8 Juni 2014. Festival ini diadakan untuk menyambut hari ulang tahun kota Jakarta yang ke – 487. Festival Palang Pintu diadakan di sepanjang Jalan Kemang Raya. Penutupan jalan mulai dari Jalan Kemang Selatan VIII hingga simpang Jalan Kemang Selatan XII.

Maskot yang digunakan dalam Festival Palang Pintu IX Kemang adalah seekor buaya dengan pakaian adat Betawi. Festival ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Anak Betawi atau yang biasa disingkat menjadi FORKABI, bekerjasama dengan Padepokan Seni Budaya Betawi Manggar Kelape.

Dalam festival ini, pengunjung akan disuguhi berbagai hiburan adat Betawi dan aneka hidangan kuliner yang memanjakan lidah. Festival Palang Pintu merupakan salah satu wujud nyata kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian budaya.

Palang Pintu sendiri merupakan salah satu budaya Betawi dalam upacara pernikahan. Dalam pernikahan adat Betawi, sebelum memasuki rumah mempelai perempuan yang menjadi lokasi pesta, mempelai pria dan rombongannya akan dihadang oleh seorang yang bertugas sebagai palang pintu. Palang pintu biasanya seorang pria yang akan mengenakan pakaian ala jawara Betawi. Selanjutnya, perwakilan dari mempelai pria akan beradu pantun dan seni pencak silat agar dapat diizinkan memasuki rumah mempelai perempuan dan melangsungkan pernikahan.

Festival Palang Pintu yang rutin digelar setiap menjelang ulang tahun kota Jakarta ini tak hanya diminati masyarakat asli Betawi, tapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas, bahkan hingga turis mancanegara yang sedang ada di Jakarta.

Karena festival ini menutup ruas Jalan Kemang Raya, maka rute yang harus melalui jalan tersebut akan dialihkan ke rute lain, yaitu :

  • Dari arah utara (Jl. Bangka Raya/Jl. Prapanca Raya) yang akan menuju arah ke selatan (Jl. Ampera Raya/Jl. Benda Raya) dapat melalui Jl. Kemang Utara – Jl. Kemang Timur dan seterusnya. Dapat melalui Jl. Kemang Raya – Jl. Kemang Selatan 8 – Jl. Pangeran Antasari – Jl. Puri Mutiara dan seterusnya.
  • Dari arah selatan (Jl. Ampera/Jl. Benda Raya) yang akan menuju utara (Jl. Bangka Raya/Jl. Prapanca Raya) diarahkan melalui Jl. Kemang Timur – Jl. Kemang Utara dan seterusnya atau dapat melalui Jl. Pangeran Antasari dan seterusnya.

Festival Palang Pintu Kemang 2014

Filed in: Seni dan Budaya

No comments yet.

Leave a Reply