10:49 pm - Wednesday October 18, 2017

Festival Film di Oslo, Putar 3 Film Joko Anwar

Joko Anwar

Joko Anwar

Modus Anomali, Kala, dan Pintu terlarang, film beustan sutradara asal Indonesia Joko Anwar turut berlenggang dalam Festival Films from the South di Oslo. Selain tiga film tersebut, film Kebun Binatang karya sutradara Edwin juga dipertontonkan dalam festival film tersebut.

Dengan diikuti oleh para sineas film dari negara berkembang, festival yang diadakan dibagian kota Norwegia ini adalah ajang tahunan yang rutin dilakukan.

Festival ini diadakan dari tanggal 4 hingga 14 oktober, selain pengenalan budaya melalui film, dalam festival ini diharapkan akan menjadi alat yang sangat efektif untuk meningkatkan integrasi sebagian besar masyarakat di Norwegia yang semakin Multikultural

Pada dua tahun lalu joko juga sudah diundnag, bersama sutradara garin nugroho, tetapi karena kesibukannya bersama proyek musikalnya ia tidka bisa berpartisipasi seperti saat ini. joko Anwar menyampaikan rasa gembiranya karena telah bisa mewaliki indonesia di ajang perfilman tersebut, ungkapan ini dikemukakannya pada acara masterclass.

Dalam ceritanya, Joko menuturkan jika dulu hanya Institut kesenian Jakarta (IKJ) yang mengajarkan perfilman, namun sekarang sudha ada tiga sekolah yang sudah mengajarkan tentang perfilman yang menghasilak bakat-bakat baru dalam dunia entertainment, termasuk perfilman. Menurutnya perfilman indonesia semakin berkembang.

Katanya, perfilman indonesia masih belum bisa dikatakan sebagai sebuah industri. Misalnya saja, para sutradara harus datang sendiri kepada pemilik bioskop untuk meminta supaya filmnya segera diputar. Meskipun film dapat menjadi bo office namun tak jarang tidak mendapat sambutan dari amsyarakat.

Joko belajar di dunia perfilman secara otodidak dan turun langsung kelapangan. Karena dalam filmnya menampilkan genre yang berbeda-beda joko mengaku tidak ingin dikotak dengan sebuah aliran tertentu. Dalam berbagai filmnya genre yang ditampilkan berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Seperti pada janji joni yang mengusung genre komedi dan genre thriller yang ditampilkan pada tiga lim lainnya, Terlarang, kala dan Modus Anomali.

Filed in: Hiburan

No comments yet.

Leave a Reply