10:48 pm - Wednesday October 18, 2017

Dugaan ICW Terima Dana Asing mulai diselidiki asalnya

Dugaan ICW Terima Dana Asing menjadi sorotan hangat minggu ini setelah salah satu Anggota komisi IX DPR yaitu Poempida Hidayatulloh menilai sikap LSM antikorupsi Indonesia Coruption Watch (ICW) seakan melacurkan diri setelah diduga mendapatkan aliran dana asing dari Bloomberg Initiative dan dinilai tidak bersih dalam penerimaan maupun sumbernya.

Beberapa sumber membahas tentang kebersihan sumber dari dana asing (Bloomberg Initiative) dan beberapa teori menyebutkan bahwa bisa saja berasal dari pencucian uang sehingga sumber dari luar memang tidak bisa begitu saja dipercayai.

Beberapa pengamat LSM juga menyebutkan bahwa kebersihan sumber dan abisa di korscek dari apakah sumber itu punya mekanisme pembuktian bahwa dana asing itu mempunyai legitimasi dan bukan berasal dari uang haram.

Pertanggungjawaban ICW atas Dugaan ICW Terima Dana Asing

Kasus ini bisa dikembangkan sebagai salah satu studi yang bisa dijadikan pelajaran untuk LSM lain yang juga di danai oleh Luar negeri.

Salah satu LSM yang juga bergerak dalam kritiknya pada Lembaga keuangan Negara juga harus diteliti tentang pendana asing apakah mereka terindikasi atau terbukti mencuci uang dan akhirnya bisa sampai dpada Dugaan ICW Terima Dana Asing.

Permasalahan ini akan terjawab dengan mudah jika ada pertanggungjawaban langsung dan transparan dari ICW sendiri, sesuai yang dikatakan oleh Poempida dalam keterangannya karena dana asing untuk LSM patut dicurigai.

Aturan yang berlaku pada LSM dengan pendana asingĀ  harus patuh pada aturan bahwa tidak boleh melakukan intervensi kebijakan terutama pada kebijakan internal ICW yang berhubungan pada sepak terjangnya dalam memantau pemerintah.

Sesuai dengan fungsinya, ICW bisa saja menjadi contoh yang baik bahkan jika ICW sendiri memantau KPK, harusnya ICW lebih bersih dari KPK. Dan Dugaan ICW Terima Dana Asing bisa menjadi waktu yang bagus untuk membuktikannya.

Dugaan ICW Terima Dana Asing diharapkan Menjauhkan LSM dari Agenda Luar

beberapa sebab kita harus berhati-hati pada adanya agenda asing seperti bisa saja karena keadaan politik Indonesia sangat rentan karena adanya koruipsi.

Jika ada beberapa kasus korupsi yang menyerang partai tertentu, maka bisa menimbulkan bola salju bagi dunia politik Indonesia yang mungkin menguntungkan pihak asing, misalnya dari kebijakan ekonomi atau bahkan hukum yang berujung pada pengaruh dana asing pada intervensi

Kebijakan nasional. Dan Dugaan ICW Terima Dana Asing bisa jadi salah satu serangan terhadap lembaga yang selama ini memang memantau korupsi.

Salah satu dampak dari intervensi asing adalah adanya bahaya untuk kedaulatan NKRI termasuk pada wilayah yang fisikal seperti kepemilikan asset. Apa yang diungkapkan oleh anggota DPR yang juga Politikus Partai Golkar ini adalah hal yang sebenarnya mungkin dan menjadi cara yang baik untuk menjaga stabilitas politik kita.

Dugaan adanya intervensi dari Bloomberg Initiative pada program free kids control di Indonesia akan menjadi salah satu monitoring dari DPR pada kasus Dugaan ICW Terima Dana Asing.

Filed in: Hukum

No comments yet.

Leave a Reply