6:32 pm - Saturday October 21, 2017

Daihatsu Ayla Mobil Karya Indonesia, Kualitas Jepang Punya

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla keluar sebagai jawaban atas solusi mobil murah. Sebelumnya di tahun 2013, Daihatsu menggenjot penjualan mobilnya di kuartal pertama dengan menempati peringkat kedua setelah Toyota. Penjualan mobil di Indonesia sampai bulan Maret tahun lalu secara umum mengalami peningkatan hingga 5,5% dibanding dengan bulan yang sama di tahun 2012. Nah, ini menunjukkan bahwa pasar pembeli mobil semakin meningkat. Kebutuhan akan tunggangan roda empat ini semakin banyak. Hal inilah yang kemudian melecut semangat para produsen mobil untuk terus mengembangkan usaha otomotifnya. Tak terkecuali Daihatsu.

September 2013, Sebuah mobil karya anak negeri yang dinamai Daihatsu Ayla resmi diluncurkan. Peluncuran ini menjadi jawaban atas keraguan para peminat yang telah menunggu sejak setahun terakhir. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya penjualan Daihatsu Ayla. Di bulan Oktober, mobil mini ini sudah terjual hingga 4600 unit. Mengalahkan Daihatsu Xenia yang berada 500 unit di bawahnya. Bahkan bulan berikutnya, penjualan Ayla ini tidak lantas mengalami penurunan. Geliat penjualan mobil ini masih terlihat hingga tembus di angka 5098 unit. Menyumbang 30 % dari total penjualan Daihatsu di bulan November 2013 sebanyak 170 ribuan unit.

Pencapaian ini tak terlepas dari spesifikasi yang menempel pada mobil mini harga mini yang diusung oleh Daihatsu. Daihatsu Ayla memiliki panjang 3,6 m, lebar 1,6 m, dan tinggi 1,52 m. dengan ukuran mini yang dimiliki inilah Ayla memikat peminatnya melalui tampilan. Selain itu, harga yang dibanderol untuk membeli mobil mini satu ini hanya sebesar Rp 76 jutaan hingga Rp 106 jutaan. Sebuah harga mobil yang amat sangat murah. Menyaingi mobil city car lain besutan merk kenamaan Jepang.

Harga murah yang disandangnya tidak membuat produk yang satu ini menjadi murahan, Daihatsu tetap menjaga kualitasnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Satu-satunya alasan yang membuat Ayla menjadi murah adalah proses pengerjaannya yang langsung ditangani oleh anak negeri. Mesin yang digunakan untuk kendaraan ini adalah mesin tipe 1KR-DE DOHC dengan kapasitas mesin 998 cc dan tenaga maksimum 65 kW/ 6000rpm, tetap gesit dan mampu memenuhi kebutuhan anda dalam menghemat waktu di perjalanan. Dengan kapasitas lima tempat duduk di dalamnya, mobil ini didesain khusus dengan jok yang sangat nyaman untuk keluarga kecil atau hangout bersama teman-teman. Tinggi mobil dari tanah sepanjang 0,18 m atau 180 mm dengan bagasi yang lumayan luas dan longgar.

Dalam keadaan kosong, Daihatsu Ayla mempunyai bobot berkisar antara 750 kg hingga kurang dari 800 kg. Dengan jarak sumbu roda 2450 mm dan jarak pijak roda depan 635 mm serta jarak pijak roda belakang 180 membuat mobil mini ini nyaris mendekati sempurna. Satu hal lagi yang menjadi andalan produk ini yang kemudian membuatnya laris manis di pasaran yaitu dia hanya butuh 1 liter BBM untuk menempuh jarak 20 km, wow!. Mobil MMI, Mini Murah Irit, patut untuk disandangkan padanya. So, kapan lagi bisa membeli mobil baru dengan harga di bawah 100 juta?

Filed in: Bisnis

No comments yet.

Leave a Reply