11:39 pm - Sunday October 22, 2017

Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis harus anda cegah sejak dini sebelum penyakit tulang ini menyerang anda di masa lansia.

Seperti yang kita ketahui bahwa osteoporosis adalah sebuah penyakit yang menyerang pada tulang anda secara sporadis, penyakit ini biasanya menjangkit pada orang dengan usia yang sudah lanjut.

Namun anda yang masih mudapun tidak menutup kemungkinan terserang penyakit ini.

Osteoporosis ini datang dari beberapa panyebab, seperti kurangnya kalsium dalam tubuh, kurang berolahraga, kurang cairan hingga terlalu banyaknya duduk dalam keseharian anda.

Sedangkan bahaya dari penyakit ini juga tidaklah main-main seperti patah tulang yang disebabkan oleh turunnya kualitas tulang (keropos), timbulnya rasa nyeri pada tulang bagian-bagian tertentu, fraktur kompresi (gangguan pada tulang belakang) dan perubahan yang signifikan terhadap penampilan (hal ini disebabkan karena pengeroposan pada tulang belakang).

Untuk itu, anda perlu mencegah penyakit keropos tulang ini sedini mungkin. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan:

  • Rutin minum susu: Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang cukup tinggi. Dengan meminum susu secara rutin, maka kebutuhan kalsium dalam tubuh anda akan selalu terpenuhi. Hal ini sangat baik untuk kekuatan tulang anda.
  • Terpapar sinar matahari: Jika susu adalah sebagai sumber kalsium untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan tulang, maka sinar matahari berfungsi untuk menyerap dan memaksimalkan kalsium tersebut. Selain itu, vitamin D yang hasilkan dari paparan sinar matahari juga sangat bagus untuk kesehatan tulang anda.
  • Rajin berolahraga: Salah satu penyebab utama terjadinya pengeroposan tulang ini adalah kurangnya berolahraga dalam keseharian anda. Maka dari itu, rajin berolahraga sangatlah dianjurkan untuk memperkuat tulang anda dan menghindarkan diri dari osteoporosis ini.
  • Jauhi minuman bersoda dan alkohol: Kedua jenis minuman ini sangatlah tidak dianjurkan karena dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan manusia. Selain itu, minuman ini juga dapat menyebabkan tulang anda menjadi keropos dan rapuh. Untuk itu, mulai sekarang jauhi kedua jenis minuman ini dan ganti dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih.

Dengan memperhatikan pola hidup kita sehari-hari dengan kebiasaan yang lebih sehat sejak dini, maka disaat umur anda telah lanjut nanti, anda akan terbebas dari penyakit osteoporosisi ini.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply