11:33 pm - Sunday October 22, 2017

Cara Tetap Bugar Saat Puasa

Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari. Selama satu bulan, umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan. Sepanjang hari selama berpuasa, umat muslim dilarang makan dan minum. Hal ini menyebabkan banyak yang lesu sepanjang hari.

Tapi puasa tidak harus selalu dijalankan dengan lesu. Justru ketika sedang berpuasa, umat muslim harus tetap bugar dan terus beraktivitas untuk meningkatkan amal ibadahnya. Untuk menjaga stamina selama sedang berpuasa, cek beberapa tips dibawah ini :

  • Perbanyak makanan kaya serat

Biasakan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan kaya serat saat sahur dan berbuka. Terutama pada saat sahur, kurangi asupan karbohidrat yang berlebihan. Karbohidrat memang akan membuat kita merasa kenyang, namun rasa kenyang tersebut tidak akan bertahan lama dan justru akan membuat kita merasa lesu dan mengantuk. Sedangkan konsumsi serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

  • Banyak minum air putih

Selama puasa tubuh akan banyak kekurangan cairan. Untuk menjaga agar tidak terjadi dehidrasi, perbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur. Minum air putih hangat dan kurangi gula serta es akan menjaga tubuh dari kondisi dehidrasi.

  • 1 sendok madu saat sahur

Cobalah minum 1 sendok makan madu saat sahur. Kandungan gula alami dalam madu akan menjaga daya tahan tubuh selama puasa dan akan mencegah tubuh terasa lesu.

  • Kurangi makanan berlemak dan berminyak

Makanan berlemak dan berminyak tidak hanya menambah tumpukan lemak dan kolesterol yang tidak perlu. Hal ini juga akan menyebabkan tubuh terasa panas dan menimbulkan rasa haus terus menerus.

  • Lakukan olah raga ringan

Puasa bukan berarti boleh bermalas – malasan. Selama puasa tetaplah rutin berolah raga untuk menjaga daya tahan dan stamina. Lakukan olah raga sore sebelum waktu berbuka, namun tetap jaga tubuh agar tidak terlalu lelah. Kondisi lelah yang berlebihan akan memancing kita makan melebihi porsi ideal saat berbuka.

  • Cukup istirahat

Saat bulan Ramadhan porsi tidur pasti berkurang. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa beristirahat secara cukup. Yang terpenting adalah tidaur nyenyak. Tidur sebentar namun berkualitas akan menjaga tubuh merasa segar selama puasa.

Cara Tetap Bugar Saat Puasa

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply