6:31 pm - Saturday October 21, 2017

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Cara mengurangi nafsu makan kali ini akan terasa sangat mudah bila kita mencobanya dirumah. Seperti yang kita ketahui, makan merupakan seuatu kebutuhan manusia yang wajib dipenuhi. Karena dengan makan, maka tubuh kita tidak akan loyo dan dapat melakukan berbagai aktifitas sehari-hari. Dengan makan pula, kita akan mendapatkan banyak energi yang berguna bagi tubuh kita. Namun, yang perlu diperhatikan adalah nafsu makan kita yang berlebih. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita dapat mengontrol makanan dan asupan gizi yang akan masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan. Kelebihan makan akan memiliki dampak negatif bagi seseorang, salah satunya adalah kegemukan atau obesitas.

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Apabila kita terbiasa makan banyak, maka akan terasa sulit untuk mengurangi porsi nafsu makan, kecuali dengan menggunakan tips-tips tertentu. Lalu bagaimana cara mengurangi nafsu makan yang baik. Berikut langkah-langkahnya, pertama biasakan sarapan dengan protein. Protein memberikan nutrisi baik dibandingkan dengan nutrisi lainnya dan menjadikan tubuh lebih banyak waktu untuk mencerna yang kemudian diserap.

Dalam sebuah penelitian disebutkan, makan protein (seperti yoghurt rendah lemak, putih telur) saat sarapan membuat rasa kenyang lebih lama daripada bila dikonsumsi pada waktu lain. Selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kentang, karena kentang memiliki khasiat mengurangi nafsu makan yang berlebih.

Nah, cara selanjutnya yaitu memakan lebih banyak serat. Dengan menambah lebih banyak serat pada menu makanan akan membuat rasa kenyang untuk waktu yang lama. Dan serat makanan yang padat namun mengandung sedikit kalori sehingga akan mencukupi kebutuhan serat untuk membuat perut terasa lebih kenyang.

Kemudian cara mengurangi nafsu makan selanjutnya yaitu makan buah dan sayur. Ada baiknya bila kita akan memulai makan atau sesudah makan untuk mengkonsumsi buah dan sayur terlebih dahulu, ini dapat menghilangkan nafsu makan kita dan mengakibatkan tidak bernafsu untuk mengkonsumsi yang manis-manis. Kemudian, Anda juga dapat menambahkan aroma minyak zaitun. Hal ini berdasarkan sebuah studi di Jerman, German Research Center untuk Food Chemistry, bahwa dengan menghirup aroma minyak zaitun murni dapat membuat Anda merasa lebih kenyang.

Kemudian, dengan mengkonsumsi buah apel hijau dan pisang juga dipercaya mampu mengurangi nafsu makan, hanya dengan mencium aroma dari kedua buah tersebut. Lalu dengan melakukan sarapan pagi dengan rutin setiap hari akan menjadikan Anda mengkonsumsi makanan lebih sedikit di siang hari.

Dan yang paling penting pula adalah dengan tetap secara rutin rajin berolahraga. Dengan berolahraga, seperti latihan gym, akan mudah membakar kalori dan juga membantu tubuh untuk mengkomsumsi lebih sedikit. Selain itu, dengan melakukan latihan aerobik juga mampu menurunkan tingkat ghrelin dan mampu meningkatkan jumlah hormon penekan nafsu makan dalam tubuh. Nah, itulah beberapa cara mengurangi nafsu makan yang dapat Anda coba dirumah.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply