6:26 pm - Saturday October 21, 2017

Cara Alami Mencegah Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Cara Alami Mencegah Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Kanker payudara (breast cancer) adalah penyakit yang menjadi momok bagi setiap wanita. Di Indonesia sendiri, kanker payudara masih menjadi penyebab kematian tertinggi bagi wanita. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kita belajar hidup sehat dari sekarang untuk mencegah kanker payudara sebelum terlambat.

Berikut ini tips – tips mencegah kanker payudara sejak dini :

  • Rajin Olah Raga

Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. Tidak perlu olah raga berat atau yang sulit diterapkan, berjalan kaki 30 menit per hari pun sudah cukup untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara.

  • Kurangi Konsumsi Lemak

Kurangi bukan berarti tidak mengonsumsi sama sekali. Ada beberapa jenis lemak yang dapat memicu kanker payudara, namun ada pula yang tetap aman dikonsumsi dan justru dapat mencegah kanker payudara. Jenis lemak yang harus dikurangi adalah lemak jenuh yang terkandung dalam daging, mentega, margarin serta makanan lain yang mengandung susu full-cream (whole-milk dairy foods). Sedangkan jenis lemak yang dapat digunakan sebagai antikanker adalah lemak tak-jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun serta asam lemak omega -3 dalam ikan.

  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Maksimalkan konsumsi serat dan terutama anti-oksidan yang banyak terkandung dalam buah dan sayur. National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan untuk mengonsumsi buah dan sayur paling tidak 5 kali dalam sehari.

  • Perbanyak Konsumsi Kacang – Kacangan

Kacang – kacangan dapat berperan aktif sebagai anti-kanker dalam tubuh. Pasalnya, berbagai jenis kacang – kacangan banyak mengandung fito-estrogen yang dapat mengurangi efek pemicu kanker payudara.

  • Hindari Rokok dan Alkohol

Merokok sebagaimana peringatan yang telah dituliskan pada bungkusnya, dapat memicu kanker. Sedangkan alkohol akan meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Hormon estrogen ini dapat memicu pertumbuhan kanker payudara.

  • Berjemur Sinar Matahari

Usahakan untuk selalu mendapatkan sinar matahari pagi, minimal 20 menit per hari. Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan vitamin D yang akan membantu kelancaran penyerapan kalsium yang dapat mencegah kanker payudara. Namun, jangan sampai berjemur terlalu berlebihan karena justru dapat memicu terjadinya kanker kulit.

  • Menyusui

Menyusui bayi setelah melahirkan hingga maksimal 2 tahun juga dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Dengan terus menyusui maka tidak akan ada ASI yang menumpuk pada payudara yang seringkali menyebabkan nyeri hingga bahkan infeksi yang memicu terjadinya kanker payudara.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply