10:36 pm - Wednesday October 18, 2017

Budaya Lokal dan Cara Melestarikannya

Indonesia sangat kaya akan budaya lokal. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah pasti memiliki budaya tersendiri yang walaupun masih satu bangsa namun sangat berbeda satu dengan yang lain.

Hal inilah yang tidak bisa dijumpai di negara lain walaupun negara-negara tesebut adalah negara maritim dan kepeluan sama seperti Indonesia.

Namun tetap saja mereka tidak mempunyai budaya sekaya di Indonesia. Dengan demikian kita harus bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia karena keanekaragaman budayanya mampu membentuk masyarakata yang berkarakter.

Budaya lokal di Indonesia sangat beraneka ragam seperti tarian daerah, pakaian daerah, adat-istiadat, rumah daerah, dan lain-lain. Tentunya bisa dibayangkan berapa banyak budaya dengan segala keanekaragamannya yang dimiliki oleh Indonesia.

Indonesia terdiri dari dari 33 provinsi di mana setiap provinsi mempunyai budaya masing-masing. Belum lagi di antara 15 ribu pulau ada banyak adat istiadat yang belum diketahui secara nasional.

Pelestarian Budaya Lokal

Fakta bahwa Indonesia kaya akan budaya lokal, namun masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengenal budayanya sendiri.

Hal ini dapat dikarenakan banyak hal. Salah satunya adalah karena orang tua mereka tidak mengenalkan budaya dan adat-istiadat sejak kecil. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena bagaimanapun juga budaya adalah identatitas bangsa yang harus dilestarikan.

Banyak cara untuk menyelamatkan budaya lokal.

Pemeritah harus mewajibkan sekolah-sekolah di Indonesia untuk menyertakan mata pelajaran budaya dalam kurikulum sekolah dengan bobot sama dengan mata pelajaran lainnya.

Hal ini berarti mata pelajaran budaya tidak hanya dipandang sebagai muatan lokal tetapi juga sebagai mata pelajaran yang sama bobotnya dengan pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan mata pelajaran yang lain.

Mau tidak mau siswa sebagai generasi muda akan belajar tentang budayanya sendiri. Selain di sekolah, harus banyak pula acara-acara yang berbau budaya di mana generasi muda harus ikut berpasitipasi.

Mengembangkan Budaya Lokal

Setelah generasi muda sadar akan pentingnya budaya lokal dan budaya nasional, saatnya membawa budaya lokal Indonesia ke level yang lebih luas bahkan ke dunia internasional.

Hal ini kurang lebih sama dengan cara pelestarian seperti yang telah disebutkan di atas namun lebih mendalam dan meluas.

Cara-cara untuk mengembangkan budaya  Indonesia sangatlah bervariasi. Event-event budaya harus lebih diperbanyak.

Dan acara-acara semacam itu haruslah ditujukan pada kawula muda karena generasi muda inilah yang nantinya akan berpikir kreatif agar masyarakat dunia bisa melihat budaya Indonesia.

Publik figure, misalnya selebritis, ulama, atau orang-orang yang dikenal luas oleh masyarakat haruslah berpastisipasi dalam ini. Terlebih jika publik figure ini juga dikenal oleh masyarakat nasional dan internasional.

Media cetak dan elektronik apalagi yang berskala nasional harus diberdayakan untuk mengembangkan budaya lokal karena banyak orang akan melihat dan terinspirasi oleh acara yang dimuat atau ditanyangkan.

Filed in: Seni dan Budaya

No comments yet.

Leave a Reply