6:27 pm - Saturday October 21, 2017

Black Box (Kotak Hitam) Air Asia QZ 8501 Akhirnya Ditemukan

black box kotak hitam air asia qz8501 ditemukan

Tim SAR gabungan yang telah bekerja keras melakukan pencarian serpihan pesawat Air Asia QZ8501 akhirnya berhasil menemukan kotak hitam atau yang biasa disebut black box dari pesawat tersebut. Kotak hitam atau black box dari pesawat tipe Airbus A320-200 ini akan menjawab misteri jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501.

Kotak hitam atau black box pesawat Air Asia QZ8501 ini ditemukan pada hari Senin, 12 Januari 2015 sekitar pukul 07.11 WIB. Setelah ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, kotak hitam langsung dibawa menuju kantor KNKT yang berlokasi di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

“Di black box itu ada dua equipment, satu flight data recorder yang mencatat seluruh data saat terbang. (Satu lagi) Cockpit voice recorder adalah alat itu merekam seluruh pembicaraan yang ada dalam kokpit,” ujar Marsekal Madya Henry Bambang Soelistyo yang merupakan Kepala Badan SAR Nasional.

black box kotak hitam air asia qz8501 ditemukan 2

Dua kotak hitam pesawat biasanya diletakkan di dekat ekor pesawat. Sehingga apabila terjadi kecelakaan, kemungkinan kerusakan kotak hitam akan sangat kecil. Kotak hitam akan memancarkan sinyal ELT atau sinyal “ping” selama 30 hari untuk memudahkan pencariannya.

Tiga kapal yang berhasil menangkap sinyal kotak hitam pesawat Air Asia QZ8501 ialah kapal Baruna Jaya, Java Interior, dan Geo Survey. Namun, kotak hitam yang berhasil ditemukan baru yang berisi flight data recorder. Tim gabungan hingga saat ini masih berupaya melakukan pencarian terhadao satu kotak hitam lagi yang berisi Cockpit voice recorder.

Kini kotak hitam atau black box pesawat Air Asia QZ8501 akan dianalisis oleh tim ahli untuk mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kecelakaan pesawat tersebut. Proses analisis kotak hitam pesawat bisa memakan waktu hingga berbulan – bulan.

Filed in: Nasional

No comments yet.

Leave a Reply