6:27 pm - Saturday October 21, 2017

Batik, Pesona Warisan Budaya Nusantara

kain batik indonesiaIndonesia sebagai negara kepulauan terkenal dengan kebudayaannya yang beragam. Terdiri dari bermacam suku bangsa, bahasa, serta adat istiadat yang punya keunikan tersendiri di setiap daerah. Salah satu warisan busaya yang paling terkenal dan sudah diakui dunia adalah kekayaan budaya tekstil, salah satunya batik.

Batik menjadi begitu unik karena proses pembuatannya yang membutuhkan ketelitian serta kesabaran. Satu lembar kain batik saja proses pembuatannya ada yang bisa memakan waktu hingga lebih dari satu tahun lamanya.

Mengacu pada namanya, batik sebetulnya berarti proses pembuatan sebuah pola melalui titik – titik. Jenis proses batik sendiri sebetulnya hanya ada dua, yaitu tulis dengan menggunakan canting dan cap dengan menggunakan plat berpola.

Batik telah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational Scientific Cultural Organization) sebagai “Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Non – Bendawi” dari Indonesia.

Batik di setiap daerah memiliki motif khas tersendiri. Misalnya batik pesisir yang terkenal dengan warna – warna cerah, batik Solo dengan motifnya yang kecil – kecil, batik Bali yang sarat akan motif tumbuhan, dan masih banyak lagi ciri khas batik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada awalnya kegunaan batik begitu sakral. Digunakan sebagai lambang strata sosial, upacara adat, dan lain sebagainya. Namun kini, batik telah diaplikasikan menjadi benda fashion yang dapat digunakan kapan saja, baik dalam acara resmi maupun untuk bersantai sehari – hari.

Kecintaan pada batik pun, kini tak hanya dialami oleh orang tua. Demam batik telah kian meluas sampai ke kalangan remaja. Kini kita bisa menemukan orang berbaju batik, membawa tas batik, bahkan menggunakan alas kaki motif batik dimanapun, baik anak – anak, remaja, dewasa, pria maupun wanita.

Filed in: Seni dan Budaya

No comments yet.

Leave a Reply