6:33 pm - Saturday October 21, 2017

Baterai Terbesar di Dunia dibangun pemerintah China

Baterai Terbesar di Dunia dan baru saja diresmikan di salah satu gedung pusat energinya di provinsi Hebei.

Proyek itu menjadi salah satu proyek besar sorotan dunia karena membangun sebuah baterai raksasa seukuran gedung yang sangat besar untuk ukuran sebuah baterai.

Di isukan juga bahwa baterai terbesar di dunia tersebut berkapasitas 36 Megawatt-Jam yang sebenarnya adalah penyimpanan tenaga yang superbesar.

Baterai ini direncanakan untuk berfungsi sebagai energi cadangan jika pembangkit atau jaringan listrik mengalami kerusakan yang juga mendukung sumber listrik untuk provinsi tersebut sebagai pilot proyek untuk yang lainnya.

Baterai Terbesar di Dunia sebesar gedung perpustakaan kota

Pada teorinya, Baterai Terbesar di Dunia ini cukup untuk mengaliri listrik sebanyak 12.000 rumah untuk sebuah kota kecil, bisa berarti sumber energy yang sangat bagus jika cucaca buruk dan dalam kondisi khusus.

Biaya untuk pembuatan proyek ini senilai $ 500.000.000 dan dikabarkan dapat meningkatkan efisiensi energi listrik di wilayah ini hingga 10 persen lebih baik daripada tanpa baterai ini, bayangkan saja jika kita memakai sebuah UPS untuk menyalakan sebuah kota dan itu berukuran sebesar gedung perpustakaan yang sangat besar.

Nilai dari proyek yang mencapai US$500 juta ini jauh lebih besar daripada lapangan sepak bola untuk meningkatkan efisiensi sumber energi terbarukan yang jarang sekali terpikirkan oleh Negara-negara maju lainnya, sementara China adalah Negara yang sangat mengapresiasi teknologi sampai pada penemuan yang mengungtungkan rakyatnya seperti Baterai Terbesar di Dunia.

Proses penggunaan baterai raksasa ini berhubungan dengan tenaga pembangkit surya dan angin yang menghasilkan 140 megawatt listrik dan baterai menyimpan listrik yang menandakan terobosan yang spektakuler dalam penciptaan dan penyimpanan energi terbarukan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Baterai Terbesar di Dunia sebagai solusi energy terbarukan

Beberapa pakar tenaga dan teknologi menilai bahwa Baterai Terbesar di Dunia ini bisa menjadi solusi pengembangan sumber daya energi terbarukan untuk China dan bisa dicontoh oleh Negara maju lainnya seperti Jepang dan Amerika.

Pernyataan ini dipaparkan oleh Xiu Binglin yang mendukung kemajuan yang juga sangat menguntungkan China yang bermasalah dengan penjualan mobil listrik seperti yang direncanakan untuk membantu penggantian tenaga minyak ke listrik.

Indonesia seharusnya juga mengikuti langkah ini untuk merealisasikan penggantian tenaga ke listrik menjadi memungkinkan.

Proyek ini bisa dibilang sebagai uji coba terbaik untuk penjuru dunia dan sebagai salah satu pembuktian untuk sistem penyimpanan energi yang dapat diandalkan dan juga terbarukan.

Hal ini adalah salah satu hal yang mengejutkan dunia dan pada 2012 inimenjadi salah satu proyek penyimpanan energi yang sedang dicari dunia untuk membantu pengadaan listrik sebagai pengganti minyak dengan adanya Baterai Terbesar di Dunia.

Filed in: Teknologi

No comments yet.

Leave a Reply