11:35 pm - Sunday October 22, 2017

7 Obat Jerawat Alami Yang Ampuh

Jerawat memang musuh kulit yang paling sering dialami baik perempuan maupun laki-laki. Jerawat biasanya akan mulai tumbuh setelah remaja. Khususnya bagi wanita, jerawat seringkali muncul ketika menjelang maupun selama masa menstruasi. Hal ini disebabkan karena keseimbangan hormon kewanitaan yang terganggu selama masa tersebut.

Jangan sembarangan pakai obat jerawat. Salah – salah malah bisa bikin lebih parah. Daripada coba – coba obat jerawat yang dijual bebas di pasaran, lebih baik coba saja 7 obat jerawat alami yang bisa dibuat sendiri dirumah.

  • Masker Alpukat dan Madu

Kandungan nutrisi dan vitamin dalam alpukat ampuh untuk mengusir jerawat yang membandel. Alpukat juga aman digunakan untuk jenis kulit sensitif karena tidak menyebabkan kulit kering. Untuk hasil terbaik, haluskan 1 buah alpukat lalu campur dengan 1 sendok makan madu.

Gunakan masker tersebut pada kulit wajah yang telah dibersihkan dan dikeringkan. Oleskan rata, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

  • Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan anti-bakteri yang baik untuk menghilangkan jerawat batu. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih bisa dengan 2 cara.

Yang pertama, haluskan bawang putih kemudian tempelkan kapas pada pasta bawang putih tersebut untuk menyerap kandungan airnya. Oles ekstrak air tersebut pada kulit yang berjerawat. Diamkan hingga 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih bisa juga dengan dihaluskan dan dicampur air kemudian diminum.

  • Jeruk Lemon

Jeruk lemon yang kaya akan vitamin C dan asam nitrat sangat ampuh untuk membantu pengelupasan kulit dan mengeringkan jerawat. Cara pemakaiannya pun mudah.

Peras jeruk lemon untuk mengambil airnya. Celupkan kapas ke air jeruk lemon kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat. Cukup diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

Penggunaan air jeruk lemon untuk jenis kulit yang sensitif sebaiknya dicampur dengan yogurt tawar untuk mengurangi rasa perih dan mencegah timbulnya iritasi kulit.

  • Masker Putih Telur

Putih telur yang kaya protein tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Putih telur juga cepat menghilangkan noda hitam pada kulit dan mempercepat tumbuhnya sel – sel baru. Penggunaan masker putih telur juga membantu menyerap minyak berlebih penyebab jerawat.

Cara penggunaannya adalah dengan mengocok putih telur hingga berbusa, kemudian diamkan selama 3 menit. Oleskan masker putih telur tersebut pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Oleskan masker tipis – tipis kemudian lapisi kembali jika kering. Oleskan hingga 3-4 kali, diamkan selama 20 menit lalu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

  • Kulit Pisang

Tidak banyak yang tahu bahwa kulit pisang ternyata dapat menjadi cara ampuh menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung banyak lutein yang merupakan antioksidan untuk mencegah peradangan. Lutein juga membantu mempercepat pertumbuhan sel – sel kulit baru.

Anda hanya perlu menggosok – gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 30 menit agar nutrisinya meresap pada kulit. Bilas dengan air bersih.

  • Masker Pepaya

Papaya sangat baik untuk menghilangkan sel – sel kulit mati, mengurangi lemak yang akan membentuk jerawat serta mengurangi peradangan dan mencegah timbulnya nanah. Papaya juga akan membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Buatlah masker papaya dengan menghaluskan papaya yang sudah matang secukupnya. Kemudian oleskan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki efek anti-bakteri dan anti-inflamasi. Lidah buaya dapat menjadi obat ampuh untuk mengurangi jerawat yang sudah bengkak dan meradang.

Cukup ambil gel lidah buaya yang terdapat dalam daging lidah buaya. Gunakan sebagai masker pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit. Bilas kulit wajah dengan air bersih.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply