4 Bahan Alami Untuk Mengobati Sembelit

Mengobati sembelit

Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang cukup mengganggu. Hampir 90 persen orang pernah mengalami gangguan kesehatan yang satu ini, penyebabnyapun bermacam-macam seperti ketergantungan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, kekurangan serat ataupun kurangnya minum.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara seperti mengkonsumsi buah papaya dengan teratur, buah ini dipercaya dapat mengatasi gangguan pada penyakit ini kaarena kandungan papainnya yang mampu melunakan fases secara cepat.

Selain itu, ada beberapa bahan alami yang mampu mengobati gangguan kesehatan ini, berikut diantaranya:

  1. Lidah buaya: Bahan alami yang satu ini terkenal dengan manfaatnya untuk perawatan rambut yang cukup ampuh. Namun dibalik kemampuannya itu, ternyata lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati sembelit. Getah yang terdapat pada daun lidah buaya berfungsi sebagai salah satu perantara pembersih dengan kakuatan yang maksimal. Namun banyak pakar yang menganjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dalam penggunaan lidah buaya ini, hal ini dikarenakan kandungan pencaharnya yang cukup berbahaya yang disinyalir dapat menyebabkan terjadinya kram usus dan diare. Sedangkan untuk menggunakannya, anda hanya cukup mengambil daging dari lidah buaya yang sudah dicincang terlebih dahulu dan kemudian dapat anda sertakan 1 sendok makan madu lalu tambahkan air panas. Ramuan tersebut dapat anda konsumsi dua kali sehari secara rutin. Namun ramuan lidah buaya ini tidak diperkenankan untuk dikonsumsi oleh penderita diare, wanita yang sedang haid ataupun wanita hamil.
  2. Temulawak: Temulawak adalah salah satu bahan alami yang dapat anda pakai untuk mengobati sembelit. Anda dapat memanfaatkan rimpang dari temulawak ini karena mempunyai sifat antisembelit, bakteriostatik, anti radang dan tonikum. Untuk memanfaatkan temulawak ini, anda dapat mengampil rimpang yang telah dihaluskan dengan biji sesawi dan sedikit air. Kemudian perasan air dari kedua campuran tersebut dapat anda minum secara rutin.
  3. Buah mengkudu: Mengkudu mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh anda,  buah mengkudu juga mempunyai manfaat yang sangat baik sebagai pencahar karena kandungan morindon yang terdapat didalamnya. Selain itu, buah mengkudu juga mempunyai kandungan alkaloid triterpenoid yang sangat bagus untuk mengatasi gangguan kesehatan ini. Penggunaanya adalah anda dapat melembutkan buah mengkudu yang telah matang dengan cara diparut setelah sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu, kemudian air perasan dari mengkudu dapat anda campurkan dengan sedikit garam. Minum 2 kali sehari secara rutin.
  4. Daun wungu: Dalam bahasa sederhananya bahan ini sering disebut dengan daun ungu, bahan alami ini sangat bermanfaat untuk mengobati sembelit karena kandungan saponinnya yang memiliki efek pencahar ringan. Tujuh biji daun wungu dapat anda rebus dengan air sebanyak dua gelas, biarkan mendidih hingga air yang terdapat dalam campuran daun ini menjadi lebih sedikit kira-kira menjadi satu gelas. Setelah dirasa cukup, saring air dari rebusan daun ungu ini dan kemidian dapat anda minum dalam keadaan ahngat ataupun dingin.

Bahan-bahan alami diatas merupakan salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk mengobati gangguan kesehatan itu. Namun jika penyakit tersebut masih belum juga sembuh, tentu jalan terbaik adalah memeriksakan diri anda ke dokter.

You may also like...