3:08 pm - Wednesday October 18, 7071

3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menjalankan Diet

Menjalankan diet

Semakin banyaknya tips-tips cara berdiet yang bertebaran diinternet, tentu akan membuat kita akan lebih mudah menentukan cara berdiet seperti apa yang cocok untuk kita jalani. Namun yang harus anda perhatikan adalah jangan sampai salah memilih tips dalam berdiet, karena umumnya setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda sehingga andapun dituntut untuk memilih program diet yang sesuai dengan kemampuan dan aktifitas sehari-hari.

Meskipun begitu, setiap orang yang ingin mengikuti program dalam menurunkan berat badan ini wajib memperhatikan aspek-aspek sebagai pendukung dalam kelancaran berdiet itu sendiri, aspek-aspek seperti apakah yang harus anda perhatikan? Berikut penjelasannya:

  1. Memeriksa fungsi pada ginjal: Sebelum anda berdiet, ada baiknya anda memeriksa dulu fungsi organ yang satu ini. Hal ini untuk mengantisipasi makanan seperti apa yang harus anda konsumsi dan makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Jika ternyata kadar ureum dalam darah anda naik, berarti terdapat penurunannya fungsi ginjal dalam tubuh anda. Maka anda diwajibkan untuk membatasi asupan berbagai jenis makanan yang tinggi akan protein, hal ini dilakukan agar tidak menambah beban terhadap kinerja ginjal.
  2. Memeriksa keseimbangan lemak: Langkah ini dilakukan untuk mengetahui kandungan koleserol jahat dan kadar HDL yang terdapat dalam tubuh kita. Seperti yang diuraikan oleh sebuah Institut nasional paru-paru, darah dan jantung di AS. Idealnya dalam satu desiliter darah sebaiknya mengadung kurang dari 130 miligram kolesterol jahat (LDL), sedangkan untuk kandungan HDL sendiri sebaiknya lebih dari 55 miligram  dan kandungan trigliserida dalam darah tidak boleh lebih dari 250 miligram.
  3. Memeriksa kadar asam urat dalam darah: Pemerikasaan ini sangat penting sebelum anda memulai menjalankan program diet. Diet dengan mengkonsumsi makanan yang rendah kandungan kalori maka secara otomatis akan menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darah. Jika anda salah satu orang yang mempunyai kandungan kadar asam darah yang tinggi dan melakukan program diet seperti ini, maka kemungkinan anda terserang penyakit batu ginjal akan semakin tinggi. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada diri anda, bukan?

Dari ketiga poin diatas merupakan langkah penting yang harus anda lakukan sebelum memutuskan untuk berdiet. Anda dapat memeriksakan diri ke spesialis ahli gizi untuk mengetahui kondisi terbaik anda agar tidak salah pilih dalam menentukan program diet yang cocok untuk kondisi anda saat ini.

Filed in: Kesehatan dan Kecantikan

No comments yet.

Leave a Reply